Logo BeritaSatu

38 Musisi Satukan Suara Lawan Pandemi Covid-19

Jumat, 10 April 2020 | 18:12 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Turut terkena dampak pandemik Covid-19, 38 musisi menyatukan suara untuk melawan. Perlawanan itu ditunjukkan melalui gerakan solidaritas konser Satu Cara yang berlangsung selama dua hari, 9 dan 10 April 2020 di platform streaming, Vidio.

Penggagas konser Satu Cara, Andi Rianto mengatakan konser ini tak lain bertujuan menghibur masyarakat di rumah, sambil mengulurkan tangan untuk membantu orang-orang yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Advertisement

“Penyebaran virus corona di Indonesia terus meluas. Semua provinsi telah melaporkan adanya kasus tersebut. Penyebaran virus corona ini berdampak pada banyak hal mulai dari kesehatan banyak orang, sampai kehidupan ekonomi masyarakat kecil yang menurun drastis,” ungkapnya saat membuka konser daring, Kamis (9/4/2020).

Untuk itu menurutnya, saat ini setiap orang memiliki tanggung jawab untuk mengulurkan rasa solidaritasnya, mengingat dampak pandemi ini memakan waktu yang lama, dan berdampak pada keadaan ekonomi yang berkepanjangan.

Dengan kondisi seperti itu, Andi pun mengajak penulis lagu, Monty Tiwa mencipkatan sebuah lagu bertajuk, Satu Cara. Lagu tersebut dibuat untuk membangun rasa kebersamaan supaya semakin banyak hati yang tergugah untuk saling membangun.

“Pandemi ini telah menjadi persoalan seluruh masyarakat dunia. Saya melihatnya ini sebuah ujian dari Tuhan untuk menusia. Karena pandemik, semua kegiatan berhenti. Dampaknya pun langsung dirasa, dan tidak pandang bulu," kata Andi Rianto.

"Orang yang tadinya sombong, atau yang sudah berada di on top of the world semua sudah tidak bisa apa-apa sekarang. Di sinilah titik balik, agar sebuah bangsa dapat mengubah cara berpikir dan membuat setelah ini yang diharapkan bangsa bisa maju,” terangnya.

Dalam konser Satu Cara, para musisi juga kompak menyanyikan lagu tersebut, yang jadi seruan untuk saling waspada dan bersatu menghadapi pandemi yang melanda Bumi Pertiwi. Mereka adalah Titi DJ, Raisa, Rossa, Sheila Dara, Naura, Rio Febrian, Be3, Giring, Anji, Marcell, Afgan, Barsena, Harvey Malaihollo, Virgoun, Ashila, Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Yuni Shara.

Tak ketinggalan Once, Iis Dahlia, Tompi, Gamaliél & Audrey, Maruli Tampubolon, Kevin Widaya, Prilly Latuconsina, Vidi Aldiano, Lesti, Fildan, Mikha Tambayong, Cinta Laura Kiehl, Ari Wibowo, Boy William, Ramen Gvrl, Dira Sugandi, Joe Taslim, Devano Danendra.

Saat hari pertama, Vidi Aldiano mengajak seluruh penonton untuk mengulurkan tangannya melalui donasi yang dibuka di Kitabisa.com. Vidi pun menjelaskan, nantinya sumbangan ini akan disalurkan untuk menyediakan alat pelindung diri (APD) dan makanan bergizi untuk para tenaga medis dan pegawai rumah sakit, serta menyediakan kebutuhan pokok selama bagi masyarakat kecil untuk memenuhi kebutuhannya selama 14 hari.

“Sejak pandemik, kerjaan saya berakhir di Maret dan Mei. Saat ini sudah benar-benar zero income, tetapi bukan berarti kita zero outcome. Saya ingin tetap bisa membantu teman-teman yang membutuhkan. Ayo kita bantu, berapapun dana yang diberikan sangat berarti buat mereka,” jelasnya.

Baru dua hari dibuka, gerakan ini sudah mengumpulkan Rp 140 juta dari 1.500 donatur. Penggalangan dana ini akan tetap dibuka 50 hari ke depan, dengan harapan bisa mencapai atau melebihi target donasi yaitu, Rp 2 miliar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Brigadir J, Kuasa Hukum Putri Mohon Hakim Tolak Tanggapan Jaksa

Kuasa hukum Putri Candrawathi memohon agar majelis hakim PN Jaksel menolak semua dalil replik atau tanggapan jaksa penuntut umum. 

NEWS | 2 Februari 2023

Pengacara Putri Candrawathi Nilai Replik Jaksa Lebih Buruk daripada Skenario Ferdy Sambo

Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah menilai replik jaksa penuntut umum lebih buruk dibandingkan skenario fiktif yang sempat disusun oleh Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Atasi Kemiskinan Ekstrem, Ganjar Terapkan Link and Match

Upaya Ganjar yang kini sedang digenjot adalah menyerap tenaga kerja SMK dengan melakukan link and match bersama industri dan perusahaan.

NEWS | 2 Februari 2023

Mutasi Jabatan 84 Perwira Tinggi, Danpaspampres Termasuk

Terjadi mutasi 84 jabatan di TNI, termasuk untuk posisi komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Danpaspampres.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenkes Sebut Ada 400.000 Anak di Dunia Menderita Kanker

Berdasarkan data Globocan 2020, terdapat sekitar 400.000 anak usia 0-15 tahun di dunia termasuk dari Indonesia yang menderita kanker.

NEWS | 2 Februari 2023

Gusuran IKN Nusantara Minta Ganti Rugi Rp 1 Juta, Ini Kata Pemkab PPU

Masyarakat menuntut agar nilai ganti rugi lahan yang terdampak IKN minimal adalah Rp 1 juta per meter.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenkes: Kanker Masih Sebabkan Kematian Tertinggi di Dunia

Kemenkes mengatakan bahwa kanker masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Tercatat, ada 10 juta kematian akibat kanker pada tahun 2020.

NEWS | 2 Februari 2023

Turunkan Stunting, Ganjar Libatkan Ahli Gizi dan Kader Kesehatan di Puskesmas

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memaksimal upaya penurunan stunting dengan melibatkan ahli gizi dan kader kesehatan hingga ke tingkat puskesmas.

NEWS | 2 Februari 2023

Kasus Brigadir J, Eks Jubir KPK Tuding Jaksa Sudutkan Kaum Perempuan

Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah menuding JPU menyudutkan kaum perempuan. Hal itu tak lepas dari tudingan jaksa soal Putri mengenakan baju seksi.

NEWS | 2 Februari 2023

Sempat Terpapar Covid-19 Varian Kraken, Warga Tangsel Kini Sudah Sehat

Pasien tersebut diketahui terpapar Covid 19 subvarian kraken usai pulang dari perjalanan luar negeri bersama ketiga anaknya pada 15 Januari 2023 lalu.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lolos Verifikasi Waketum PSSI, Menpora: Saya Tak Hitung Voters

Lolos Verifikasi Waketum PSSI, Menpora: Saya Tak Hitung Voters

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE