Konser Virtual Di Atas Rata-rata Ajak 150 Anak Berbakat

Konser Virtual Di Atas Rata-rata Ajak 150 Anak Berbakat
Komposer Erwin Gutawa dan putrinya Gita Gutawa (Foto: SP/Dina Fitri Anisa / isimewa)
Dina Fitri Anisa / EAS Jumat, 24 Juli 2020 | 22:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Memperingati Hari Anak Nasional, komposer Erwin Gutawa mengajak 150 anak berbakat di bidang musik untuk berkarya di tengah pandemi. Konser virtual Di Atas Rata-Rata (DAAR): Kami Anak Indonesia diharapkan dapat menularkan nilai-nilai kreativitas, inspirasi, edukasi, dan kolaborasi.

Erwin Gutawa mengungkapkan, konser virtual didasari fenomena pandemi saat ini. Menurutnya, lewat platform digital media sosial ia bisa membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh anak Indonesia yang ingin menunjukkan sekaligus mengembangkan kemampuan bermusik.

"Banyak sekali anak hebat Indonesia yang akan tampil bernyanyi dan bermain musik dengan genre mereka masing-masing, mulai dari pop, jaz, klasik, bahkan musik tradisi. Semangat dan antusias dari mereka yang berpartisipasi dalam konser ini juga luar biasa,” terang Erwin Gutawa saat jumpa pers virtual, Jumat (24/7/2020).

Konser Virtual Di Atas Rata-Rata: Kami Anak Indonesia yang dipersembahkan oleh Galeri Indonesia Kaya ini dipandu langsung oleh Erwin Gutawa dan Gita Gutawa. Total ada sembilan lagu dari berbagai genre yang diramu menarik oleh Erwin dan akan ditampilkan dalam konser virtual ini.

Sebut saja lagu Janji Untuk Mimpi, Tanah Airku, Tak Perlu Keliling Dunia, Beraksi , Stop Bully, Jangan Remehkan, Sketsa, Aku Anak Indonesia, dan lantunan piano klasik Moonlight Sonata 3rd Movement karya Beethoven (1801), dan Viennese Sonatina K.439b Nomor 6 karya W.A. Mozart.

"Prosesnya kita tidak memberatkan mereka. Tidak perlu mencari studio musik untuk rekaman, karena konsep kita apa adanya di rumah masing-masing. Pun demikian, agar hasilnya matang kita juga berkolaborasi dengan para ahli audio dan visual,” tuturnya.

Dirinya pun bercerita, akan ada penampilan lima orang anak untuk membawakan lagu Janji Untuk Mimpi. Kelima anak yang akan tampil yaitu Loisa (Semarang, 7 tahun), Sheera (Depok, 10 tahun), Nadinda (Magelang, 12 tahun), Chelsea (Batam, 13 tahun), dan Morietnez (Bekasi, 15 tahun).

Mereka dipilih dari audisi melalui medsos #JanjiUntukMimpiChallenge yang diikuti oleh lebih dari 1.000 anak Indonesia.

Sedangkan di genre musik jaz akan tampil 5 musisi cilik bertalenta luar biasa, yakni Gev (Semarang, 10 tahun), Marcello (Surabaya, 12 tahun), Charvel (Tangerang, 13 tahun), Elnoe (Surabaya, 13 tahun), Bima (Situbondo, 13 tahun), yang akan membawakan nomor instrumental berjudul Sketsa.

"Mereka ini memang anak-anak di atas rata-rata, di usianya yang kecil mereka bisa memainkan alat musik secara rapat dengan tempo cepat, dengan progresi kord rumit dan mampu berimprovisasi,” tutur Erwin.



Sumber: BeritaSatu.com