Logo BeritaSatu

Ini Contoh Teks Prosedural Protokol, Sederhana, Kompleks

Minggu, 4 Juli 2021 | 04:20 WIB
Oleh : B1

Jakarta, Beritasatu.com - Teks prosedural adalah jenis teks yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Isi dari teks prosedural akan memberikan panduan sederhana atau langkah bagi pembacanya. Seperti ketika sedang melakukan kegiatan sering terjadi kesalahan sehingga memberikan hasil yang buruk. Berikut ini pembahasan mengenai contoh teks prosedural protokol seperti dikutip dari laman creasi.co.id.

Apa itu teks prosedural?
Teks prosedural berisikan langkah-langkah untuk melakukan suatu hal dengan cara yang tepat. Maksud dari pembuatan teks ini adalah untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan harapan. Pengertian didalamnya diisi dengan tahapan-tahapan yang saling terkait. Ketika salah satu tahap terlewatkan akan mempengaruhi hasilnya.

Advertisement

Untuk membuat jenis teks prosedural penggunaan kalimat perintah merupakan pemakaian yang tepat. Penulis menambahkan beberapa kalimat yang sifatnya harus atau tidak boleh dilakukan oleh pembaca.

Apa tujuan dari teks prosedural?
Memberikan manfaat bagi orang yang membacanya merupakan salah satu tujuan dari teks prosedural. Pembaca akan mendapatkan petunjuk untuk melakukan langkah yang baik dan benar. Langkah yang ditulis dibuat agar tidak melakukan kesalahan ketika melakukan suatu hal yang dituju.

Struktur dan ciri pembuatan teks prosedural

1. Memiliki tujuan
Tujuan menjadi langkah awal yang harus di utarakan pada awal pembuatan teks prosedural. Dijadikan sebagai pengantar umum untuk dilakukan pembaca. Tujuan termasuk ke dalam motivasi untuk melakukan sesuatu dengan cara yang baik dan benar.

2. Terdapat bahan juga alat
Pembaca membutuhkan informasi alat dan bahan agar selalu mendapatkan hasil yang akurat. Alat dan bahan yang digunakan bisa menjadi patokan, untuk melakukan suatu proses sehingga tidak terjadi kesalahan ketika pembuatan.

3. Langkah-langkah
Langkah pembuatan merupakan hal utama untuk menjamin tidak terjadinya kesalahan dalam proses. Setiap teks berisikan langkah yang tepat dan mudah untuk dilakukan oleh pembacanya. Semua langkah sangat dianjurkan untuk ditulis secara berurutan agar hasil selalu akurat.

4. Memiliki penutup
Memberikan penekanan pada setiap akhir kata merupakan langkah utama dalam penutup teks prosedural. Penulis juga bisa menambahkan kalimat selamat pada akhir kata agar dapat memberikan sebuah motivasi.

Macam-macam teks prosedural
• Sederhana
Teks prosedur yang sederhana berisikan beberapa langkah yang singkat. Di dalam langkahnya tidak mencapai lebih dari tiga atau empat langkah. Tujuan dari teks prosedur sederhana adalah, untuk memberikan petunjuk singkat pada hal yang mudah.
• Teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks berisikan banyak langkah tentang cara melakukan suatu hal rumit. Ketika pembaca tidak mengikuti salah satu langkahnya hasil yang diharapkan tidak akan akurat.
• Protokol
Pada teks protokol langkahnya pembuatannya bisa diubah sehingga tidak perlu berurutan. Meskipun mengalami perubahan hal tersebut tidak akan mempengaruhi hasil akhirnya. Hasil akhir yang diberikan cenderung sama meskipun pembacanya melewatkan salah satu tahapnya.

Contoh Teks Prosedural Protokol, Sederhana, Kompleks
Teks prosedural sederhana:
• Cara memasang air galon ke dispenser
Dispenser merupakan sebuah alat yang sering digunakan untuk memanaskan atau mendinginkan air yang siap minum. Banyak sekali rumah atau orang yang menggunakan dispenser sehingga membuat proses penyajian air minum semakin cepat. Kebutuhan yang diperlukan adalah, membeli sebuah galon berisikan air minum kemasan kemudian dipasangkan pada dispenser tersebut. Berikut beberapa langkah untuk memasang air galon atau kemasan ke dispenser.
1. Pasangkan kabel dispenser yang telah dibeli ke dalam saklar.
2. Cobalah untuk membuka tutup galon secara keseluruhan.
3. Bersihkan terlebih dahulu kepala galon tersebut agar higienis.
4. Setelah itu Tunggingkan atau pasangkan galon pada dispenser.

Contoh teks prosedural kompleks:
Cara mendaftar M-banking
Beberapa jenis transaksi online memang cukup popular di kalangan masyarakat, dengan tujuan agar mempermudah proses transaksi. Penggunaan dari M-banking semakin banyak digunakan, sebagai platform pembayaran yang mudah dan cepat. Bagi beberapa orang yang belum mengetahui cara untuk mendaftarkan M-banking berikut langkahnya:
• Datangi cabang bank terdekat.
• Ambil nomor antrean untuk menuju CS.
• Persiapkan data diri seperti KTP, buku rekening, nomor telepon, dan beberapa identitas lain.
• Tunggu hingga nomor antrean dipanggil.
• Persiapkan untuk mengunduh aplikasi M-banking.
• Berbicaralah dengan jelas untuk mendaftar M-Banking.

Contoh teks prosedural protokol:
Cara membuat akun di G-mail
Platform pengiriman email yakni G-mail menjadi salah satu situs yang terkenal dan paling banyak digunakan masyarakat. Banyak sekali orang yang menggunakan platform ini karena kemudahan dalam penggunaannya. Berikut beberapa cara untuk mendaftarkan diri di akun G-mail:
• Buka aplikasi.
• Siapkan data diri.
• Masuk ke bagian daftar atau Sign-up.
• Masukan nama, serta identitas lainnya.
• Pastikan nomor telepon sudah benar.
• Tunggu hingga masuk verifikasi ke nomor ponsel.

Setelah mendapatkan pemahaman lebih tentang contoh teks prosedural protokol, sederhana, dan kompleks berserta artinya. Maka, untuk saat ini akan jauh lebih mudah untuk mengenali maksud dibuatnya teks ini. dengan kata lain, akan memudahkan ketika suatu hari diharuskan untuk membuatnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Senin, Komnas HAM Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Senin, Komnas HAM Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings