Uni Eropa Tawari Mahasiswa Indonesia Beasiswa

Uni Eropa Tawari Mahasiswa Indonesia Beasiswa
Penyerahan sertifikat beasiswa dari Uni Eropa. ( Foto: Ist )
/ WBP Sabtu, 6 Juli 2013 | 18:06 WIB

Jakarta - Sebanyak 120 mahasiswa Indonesia memperoleh beasiswa dari Erasmus Mundus Uni Eropa pada tahun ini.

Penerima beasiswa akan segera berangkat ke berbagai negara di Uni Eropa untuk menempuh pendidikan S-1, S-2, S-3 dan pasca-doktoral di berbagai perguruan tinggi di Eropa untuk tahun akademik 2013-2014.

"Sebagian penerima beasiswa Erasmus Mundus akan menempuh pendidikan sekurang-kurangnya di dua perguruan tinggi di negara Eropa yang berbeda," kata Charge d'Affaires dari Delegasi Uni Eropa di Indonesia, Jan Willem Blankert, pada acara penyerahan sertifikat di Jakarta, Sabtu (6/7) seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, penerima beasiswa dari Indonesia merupakan sebagian dari 2.000 penerima beasiswa Erasmus Mundus di seluruh dunia, dan 250 mahasiswa di kawasan ASEAN.

Dia mengatakan, beasiswa Erasmus Mundus memberi peluang kepada para mahasiswa untuk membangun masa depan yang lebih baik dan kesempatan yang berharga untuk belajar tentang kebudayaan, bahasa serta sistem akademik di berbagai perguruan tinggi terbaik di Eropa.

"Beasiswa ini dapat mendukung mereka meningkatkan keahlian di bidang masing-masing dan sekembalinya ke Indonesia mereka dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia" Blankert.

Program Erasmus Mundus, yang didanai Uni Eropa, bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan ketrampilan dan keahlian para generasi muda, meningkatkan pemahaman antar budaya, dan mendukung kerjasama internasional serta memperluas jaringan antar akademisi dan perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain.

Saat ini terdapat 140 program Magister S-2 Erasmus Mundus dan 42 program Doktorat S-3 Erasmus Mundus yang ditawarkan dan mencakup berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum serta ilmu pengetahuan budaya/ sastra.

Sejak dimulainya program Erasmus Mundus pada tahun 2004, sudah lebih dari 700 mahasiswa Indonesia memperoleh manfaat dari program tersebut.

Program Erasmus Mundus juga telah mendukung kerjasama antara berbagai perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Sumber: PR