Presiden Lantik 22 Duta Besar Baru

Presiden Lantik 22 Duta Besar Baru
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( Foto: Abror Rizky / Abror Rizky )
Novy Lumanauw / MUT Selasa, 24 Desember 2013 | 08:35 WIB

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik 22 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/12) pukul 11.00 WIB.

Upacara pelantikan para dubes yang akan bertugas di sejumlah negara sahabat dan perwakilan tetap Republik Indonesia di luar negeri, disaksikan Wakil Presiden Boediono, jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, pimpinan lembaga negara, dan pejabat tinggi negara lainnya.

Di antara para Dubes baru yang dilantik terdapat nama mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012, Fauzi Bowo. Ia ditugaskan sebagai Dubes LBBP di Republik Federal Jerman. Selain itu, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Yuli Mumpuni, yang akan menempati pos baru di Kerajaan Spanyol.

“Doakan agar segala sesuatunya dimudahkan dan dilancarkan. Saya siap menjalankan tugas sebagai duta besar Republik Indonesia,” kata Yuli di Jakarta, Selasa (24/12).

Nama lainnya adalah Suprapto Martosetomo sebagai Dubes LBBP untuk Republik Afrika Selatan, Yusron Ihza (Kekaisaran Jepang), Budi Bowoleksono (Amerika Serikat), Linggawaty Hakim (Konfederasi Swiss), Ito Sumardi (Republik Persatuan Myanmar), Jhony Lumintang (Republik Filipina), dan Yuwono A Putranto (Kerajaan Norwegia).

Selain itu, Raudin Anwar yang ditugaskan untuk menjabat sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Republik Libya, Abdurrahman M Fachir sebagai Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Jose Antonio Morato Tavares (Selandia Baru), Irmawan Emir Wisnandar (Republik Demokratik Rakyat Laos), Sugeng Rahardjo (Republik Rakyat Tiongkok), Burhanuddin (Republik Sudan), dan Nurul Qomar (Kerajaan Brunei Darussalam).

Selanjutnya, Gary Rachman Makmun Jusuf yang sebelumnya menjabat sebagai konsul jenderal RI di Sydney, Australia mendapat tugas baru sebagai Dubes LBBP RI di Republik Kepulauan Fiji, Rahmat Pramono yang sebelumnya menjabat Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN dipromosikan menjadi Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) ASEAN, Diar Nurbiantoro ditugaskan sebagai Dubes RI di Rumania, Mulya Wirana (Republik Portugal), Pitono Purnomo (Kerajaan Kamboja), dan Moenir Ari Soenanda sebagai LBBP RI untuk Republik Peru.

Keseluruhan 22 Dubes RI yang baru itu telah menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI, pada September 2013 lalu.

Sumber: Investor Daily