Logo BeritaSatu

Cerita dari Komunitas Literasi Saku di Kepulauan Yapen, Papua

Rabu, 26 Februari 2020 | 16:09 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Komunitas Sa Saku adalah sebuah komunitas yang memiliki misi menyebarkan literasi bagi anak-anak di pelosok Papua. Komunitas ini berada di kepulauan kabupaten Yapen, Papua dan dibentuk oleh Agies Pranoto, pada medio Maret tahun 2017 lalu. Komunitas ini bertujuan agar para anggotanya Ber saku mengumpulkan berbagai bahan bacaan mulai dari buku dongeng, dan buku pengetahuan, baik bekas maupun buku baru.

"Tujuan saya mengumpulkan buku karena melihat kondisi masyarakat di kepulauan Yapen dimana saya tinggal bersama suami yang bertugas di Serui, Yapen, saya ingin menumbuhkan minat baca anak sekolah mulai dari kalangan pelajar Sekolah Dasar sampai masyarakat penduduk asli disini, kami memulainya bersama tiga orang kawan dan mulai mencari buku, menghimbau kepada pemilik buku di Serui yang sudah membaca buku-bukunya mengirimkan kepada kami langsung atau melalui pos juga lewat media sosial atau kontak secara langsung," kata Agies yang juga seorang jurnalis, Rabu (26/2/20).

"Saat ini kami Saku mengirimkan setiap bulan 100 buku bacaan layak baca, ke beberapa sekolah yang kebanyakan ada di pelosok kampung, dan baru sebanyak 1.000 buku lebih yang kami distribusikan sampai sekarang," ungkap Agis.

Saku kini dibantu oleh para relawan yang hingga saat ini berjumlah 4 volunteer, dan oleh kawan-kawan pengajar Muda dari Yayasan Indonesia Mengajar.

Alhasil, buku buku yang distribusikan itu sangat memengaruhi perilaku anak-anak di pelosok Papua agar tertarik untuk belajar membaca, bahkan permintaan buku di beberapa sekolah terutama yang ada dipelosok kampung semakin meningkat

"Buku bacaan dongeng dan ensiklopedia sangat dibutuhkan, kami masih menjaring donatur buku untuk bekerja sama," sebutnya.

Saku akhirnya mulai mendapat perhatian oleh beberapa taman baca yang ada di luar kota, namun banyak pula yang mendukung secara langsung seperti pejabat daerah, perpustakaan daerah, dan juga anggota dewan di Serui yang peduli terhadap pendidikan.

"Tentunya akan ada banyak lagi pegiat-pegiat literasi di pelosok yang juga tergerak untuk melakukan perubahan, kami saja mau bergerak ke pelosok dengan menyeberangi laut dengan motor boat, bahkan mengantar buku hingga menempuh jalan berpuluh-puluh kilometer agar buku kami sampai ditempat tujuan dengan utuh, Kami melakukan ini karena mengetahui banyak diluar sana anak anak yang sangat merindukan sosok buku bacaan, yang bisa mengisi pengetahuan mereka," imbuh Agis.

"Harapan saya semoga makin banyak yang terlibat, baik itu untuk donatur buku maupun pegiatnya, baik pemerintah dan juga secara pribadi, karena kami sangat membutuhkan buku bacaan," tutupnya.

Untuk menunjang kegiatan ini Agis juga melakukan bisnis kecil di rumahnya dengan membuka warung kopi bernama Kopi Yoi sambil menunggu datangnya buku- buku. Bagi donatur yang tertarik menyumbangkan buku atau menjadi donatur bisa menghubungi Komunitas Baca Saku (Sa Suka Buku) Jalan Maluku, lorong masuk depan Kantor KPUD Yapen, Rt/Rw 007/004, Serui Kota 98211.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: 68 Kali Gempa Susulan Guncang Tarutung, Tapanuli Utara

BMKG terus mencatat frekuensi gempa yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu, dengan sebanyak 68 kali gempa susulan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Renggut Korban Jiwa

Satu orang dilaporkan tewas akibat gempa Tapanuli Utara yang berkekuatan M6,0 pada Sabtu (1/10/2022) dini hari.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pamer Robot Humanoid, Elon Musk Janji Tak Akan Jadi Ancaman Umat Manusia

Elon Musk pada hari Jumat memamerkan versi terbaru dari robot humanoid (seperti manusia) yang dijanjikannya tak akan jadi ancaman umat manusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Musim Hujan Tiba, Ini Ancaman Bencana di Wilayah Bogor

Musim hujan tiba, ada berbagai ancaman bencana yang patut diwaspadai di wilayah Bogor, apa saja?

NEWS | 1 Oktober 2022

Tanggal Muda, Jalur Puncak Kembali Diserbu Wisatawan

Hari libur akhir pekan Sabtu (1/10/2022) ini, kawasan wisata Puncak kembali diserbu ribuan pengunjung dari wilayah Jabotabek.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Sejarah Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang dilakukan setelah pemerintah saat itu menumbangkan Gerakan 30 September.

NEWS | 1 Oktober 2022

SiCepat dan Indonesia Pasti Bisa Bantu Rumah Pejuang Kanker Ambu

SiCepat Ekspres berkolaborasi dengan Indonesia Pasti Bisa untuk memberikan bantuan kepada Rumah Pejuang Kanker Ambu.

NEWS | 1 Oktober 2022

Isak Tangis Iringi Pemulangan 4 Jenazah Korban Pembantaian TPNPB

Empat jenazah korban pembantaian di oleh TPNPB dipulangkan ke kampung halaman diiringi isak tangis.

NEWS | 1 Oktober 2022

Viral, Video Pembantaian Mengerikan oleh TPNPB di Papua Barat

Video pembantaian 4 dari 14 pekerja proyek oleh TPNPB di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, beredar di media sosial.

NEWS | 1 Oktober 2022

Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

Arkeolog Tiongkok mengumumkan, menemukan tengkorak manusia yang hampir lengkap berusia sekitar 1 juta tahun dari sebuah situs penggalian di provinsi Hubei.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Renggut Korban Jiwa

Gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Renggut Korban Jiwa

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings