Jokowi Teratas di Kota Yogyakarta dan Sleman

Jokowi Teratas di Kota Yogyakarta dan Sleman
Dukung Jokowi, dua tukang becak menggowes dari asal daerahnya di Yogyakarta menuju Jakarta selama lebih dari 10 hari. ( Foto: F-5 )
/ HA Kamis, 17 Juli 2014 | 05:54 WIB

Yogyakarta - Hasil rekapitulasi pemilihan presiden di kota Yogyakarta menunjukkan pasangan calon nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi) dan Yusuf Kalla (JK), memenangi pemilu dengan perolehan 147.900, sementara pasangan nomor urut 1 Prabowo Subiyanto dan Hatta Rajasa memperoleh 98.441 suara, demikian menurut laporan situs Radio Republik Indonesia (RRI).

"Rekapitulasi hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014 untuk tingkat Kota Yogyakarta, meskipun terjadi beberapa permasalahan seperti tidak samanya jumlah undangan yang masuk dengan jumlah pemilih di wilayah Kecamatan Kraton, tetapi tidak mempengaruhi hasil perolehan suara," terang Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto, Rabu (16/7).

Di wilayah tetangga, yaitu Kabupaten Sleman, penghitungan akhir hasil suara Pilpres berjalan mulus dan mendapatkan pengawalan aparat Kepolisian. Proses ini disaksikan langsung oleh Bupati Sleman Sri Purnomo dan Wakilnya Yuni Satya Rahayu, Kapolres Sleman AKBP Ikhsan Amin, Dandim Sleman Letkol Bambang Yudhi Kustiwa, serta Kepala Kejaksaaan Negeri Sleman maupun Ketua DPRD Sleman, Kuswanto.

Menurut Ketua KPU Sleman Achmad Sidqi, dari hasil akhir penghitungan suara Pilpres di daerahnya pasangan Prabowo–Hatta memperoleh suara total 303.420 suara atau 46,01 persen. Sedang untuk pasangan Jokowi-JK, mendapatkan suara 355.975 atau 53.99 persen, dari total suara sah di Kabupaten itu.

Untuk Pemilihan Presiden di Sleman, pasangan Jokowi-JK berhasil unggul di 13 kecamatan, sedang pasangan Prabowo-Hatta hanya unggul di empat kecamatan, masing-masing Moyudan, Seyegan, Tempel dan Turi.