Logo BeritaSatu

Harjono Bicara tentang DPKTb dan Buka Kotak Suara di MK

Jumat, 15 Agustus 2014 | 18:20 WIB
Oleh : Yus / ED

Jakarta – Mantan hakim konstitusi Harjono berbicara tentang Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) dan buka kotak suara di ruang pleno Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang lanjutan gugatan Pilpres 2014, Jumat (15/8).

Harjono dihadirkan oleh pihak KPU sebagai ahli bersama-sama dengan Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Didik Supriyanto. KPU juga mengundang dua ahli lain, namun berhalangan hadir, tetapi memberikan keterangan tertulis, yakni Prof Erman Rajagukguk dan Ramlan Surbakti.

DPKTb dan buka kotak suara merupakan dua hal yang dominan diperkarakan oleh kubu Prabowo-Hatta di MK. Menurut kubu Prabowo-Hatta, kedua hal tersebut melanggar konstitusi.

Harjono hadir di MK sebagai ahli untuk menjelaskan tentang DPTKb dan kotak suara dari perspektif hukum. “DPKTb adalah nomenklatur yang diperlukan pada saat ada satu kemungkinan besar bahwa seorang warga negara dapat menggunakan hak pilihnya meskipun tidak terdaftar dalam DPT,” ujar Harjono.

Harjono menilai bahwa tidak boleh ada hak warga negara yang terhalangi ketika ingin menggunakan hak pilihnya. DPKTb, menurutnya memberikan ruang bagi warga negara untuk melaksanakan hak konstitusionalnya. Dalam konteks ini, Harjono tidak mau berbicara mengapa masyarakat tidak terdaftar di DPT, tetapi dia lebih menekankan adanya upaya untuk menjamin hak pilih warga negara.

Harjono juga mengungkapkan bahwa sangat sulit untuk memastikan bahwa DPKTb ini menguntungkan pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu. "No one knows. Sebab, itu terjadi di bilik suara,” tegasnya.

Terkait pembukaan kotak suara, Harjono menuturkan bahwa kotak suara merupakan properti KPU yang dibuat dari pusat sampai di daerah.

“Pembukaan kotak (suara) adalah otoritas KPU sebagai lembaga mandiri. Karenanya, KPU tidak perlu minta izin ke orang lain jika hendak membukanya. Justru, orang lain yang harus minta izin ke KPU, jika hendak membuka,” tandas Haryono.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soroti Tragedi Kanjuruhan, AHY: Tak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa Manusia

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadi tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA Bahkan Gagal Paham

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku terkejut sekaligus gagal paham atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pendukung sepak bola.

NEWS | 2 Oktober 2022

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 130 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Aparat Harus Tahu Larangan Penggunaan Gas Air Mata

Pengunaan gas air mata menjadi salah satu hal yang disorot publik dalam tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings