Logo BeritaSatu

Mundur dari Gerindra, Karier Politik Ahok Diprediksi Selesai di 2017

Rabu, 10 September 2014 | 19:56 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / JAS

Jakarta - Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman menuturkan, peluang Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok untuk memenangkan kursi Gubernur DKI Jakarta di tahun 2017 justru jauh lebih besar jika pemilihan gubernur dilakukan oleh DPRD.

Menurut Jajat, latar belakang Ahok sebagai double minority yakni beragama Kristen dan keturunan Tiongkok akan sulit diterima oleh warga DKI Jakarta sebagai calon gubernur dalam pemilihan langsung.

“Sikap Ahok yang berlawanan dengan Partai Gerindra karena takut tidak terpilih sebagai gubernur di tahun 2017 tidak rasional. Ahok seharusnya paham bahwa kemungkinan ia terpilih sebagai double minority dalam pemilihan langsung sangat kecil. Sebaliknya, jika ia setia dengan keputusan Gerindra dan Koalisi Merah Putih maka DPRD DKI Jakarta dapat memilih ia untuk terus memimpin DKI di 2017,” kata Jajat, Rabu (10/9)

Jajat mengatakan, tindakan Ahok hari ini yang mundur dari Gerindra adalah aksi bunuh diri. Karier politik Ahok akan berhenti di 2017. Tidak akan ada partai yang mau mengusungnya jadi calon kepala daerah.

“Jika ada pun, tidak akan mungkin menang jika pemilihan langsung, atau jika pemilihan oleh DPRD karena DPRD dikuasai Koalisi Merah Putih,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ketegangan antara Ahok dengan Partai Gerindra berawal dari pembahasan RUU Pilkada. Ahok tidak sependapat dengan sikap politik Gerindra yang mendukung pilkada lewat DPRD. Menurut Ahok, Gerindra mengingkari kepercayaan masyarakat.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Penembakan Massal, Biden Muak dan Ajak Semua Bertindak

Soal Penembakan Massal, Biden Muak dan Ajak Semua Bertindak

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings