Ratusan Polisi Kawal Sidang Praperadilan Budi Gunawan di PN Jaksel

Ratusan Polisi Kawal Sidang Praperadilan Budi Gunawan di PN Jaksel
Anggota kepolisian berjaga di depan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (2/2). Sidang praperadilan digelar atas gugatan Budi terhadap penetapannya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi hingga siang hari belum di mulai. (Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao)
Bayu Marhaenjati / FAB Senin, 9 Februari 2015 | 10:28 WIB

Jakarta - Ratusan polisi diturunkan untuk mengawal sidang praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan (BG), terkait penetapannya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Jalan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, hari ini.

"Jumlah anggota pengamanan sekitar 500 personel dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan," ujar juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, Jakarta, Senin (9/2).

Dikatakan Martinus, para personel berasal dari Sabhara Polda Metro Jaya, Brimob Polda Metro Jaya, jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, Intelkam, Polisi Satwa, dan Lalu Lintas.

"Penjagaan dilakukan anggota, baik di dalam maupun di luar Gedung PN Jakarta Selatan, termasuk mengatur arus lalu lintas di sekitarnya," katanya.

Seperti pekan lalu, aksi unjuk rasa juga mewarnai sidang praperadilan BG, terkait penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. Walau diguyur hujan, para pengunjuk rasa tetap menggelar aksi damai di depan PN Jakarta Selatan.

Para pengunjuk rasa, yang berasal dari sejumlah elemen itu membawa bendera dan membentangkan spanduk bertuliskan dukungan kepada BG. Ratusan polisi membuat barikade di depan para pengunjuk rasa tersebut.

Sementara itu, polisi telah memberlakukan pengalihan arus di sekitar lokasi, namun bersifat situasional, bergantung situasi di lapangan.