Kasus Bambang Widjojanto, Polisi Periksa Polisi

 Kasus Bambang Widjojanto, Polisi Periksa Polisi
Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (Foto: Antara/Wahyu Putro A)
Farouk Arnaz / MUT Senin, 9 Februari 2015 | 10:39 WIB

Jakarta - Satgas Bareskrim yang menangani perkara Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) terus mendalami peristiwa saat BW menumpang mobil milik mantan Ketua MK Akil Mochtar (AM).

Pasalnya, menurut penyidik yang menangani kasus ini, peristiwa menumpang mobil pada 2010 itu didalami karena di situlah diduga terjadi pembicaraan antara AM dan BW untuk memuluskan perkara klien BW saat itu.

Sebagaimana diketahui, BW saat itu adalah pengacara Bupati Kota Waringin Barat Ujang Iskandar yang kemudian menang dalam sengketa Pilkada yang disidangkan oleh AM.

"Untuk peristiwa semobil itu kita sudah memeriksa AM dan juga memeriksa bekas ajudan AM. Ajudannya namanya AKP Sugianto. Dia membenarkan adanya peristiwa saat BW menumpang mobil AM," kata seorang sumber yang menangani kasus ini pada Beritasatu.com Senin (9/2).

Sumber itu melanjutkan pihaknya mendapatkan kesaksian jika dalam pertemuan itu terjadi deal jika Ujang menang maka akan ada yang akan mengurus sebagai "biaya kompensasi" pada AM atas pemenangan itu.

"Ujang pun menang tapi janji mengurus 'kompensasi' itu tidak pernah terlaksana," kata sumber tersebut, yang juga mengungkap kalau mantan sopir AM yang mengetahui peristiwa ini juga masuk dalam daftar pemeriksaan.

BW sendiri telah menegaskan soal perjalanannya semobil dengan AM hanyalah pengakuan satu pihak. BW mengungkap akan menjawab soal itu di pengadilan. Seperti diberitakan BW dijerat Pasal 242 ayat 1 KUHP junto pasal 55 ayat 1 ke 1 junto pasal 55 ayat ke 2 KUHP tentang mengatur kesaksian palsu.