Logo BeritaSatu

PLTA Memberamo Bisa Hasilkan Listrik 10.000 MW

Kamis, 19 Maret 2015 | 01:00 WIB
Oleh : PCN

Sarmi - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang akan dibangun perusahaan Haenergy Holding Company asal Tiongkok di Kabupaten Memberamo, Provinsi Papua, berpotensi menghasilkan energi listrik sebesar 10.000 mega watt (MW).

"Jika pembangunan PLTA Mamberamo Raya ini terwujud maka akan menghasilkan tenaga listrik sebesar 1.800 hingga 10.000 Mega Watt dengan estimasi pendapatan senilai Rp 100 miliar hingga Rp 200 miliar per tahun," kata Bupati Memberamo Raya Demianus Kyuew Kyeuw, dalam pertemuan kawasan dan musyawarah percepatan pembangunan Tabi di Kabupaten Sarmi, Papua, Rabu (18/3).

Menurut dia, pembangunan PLTA Mamberamo Raya di Sungai Mamberamo sudah didorong sejak 2012 lalu, yang diawali dengan penelitian, kemudian pada 2014 dibuat draf MoU dengan perusahaan asal Tiongkok Haenergy Holding Company.

"Dalam draf itu, banyak manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat, khususnya warga se-wilayah Tabi, karena perusahaan asal Tiongkok itu telah menyepakati sejumlah hal, di antaranya untuk pembangunan infrastruktur dasar kesehatan, pendidikan, dan peningkatan ekonomi kerakyatan," katanya.

Selain itu, kata Kyuew Kyuew, perusahaan asal Tiongkok tersebut telah berkomitmen untuk alih teknologi dalam perawatan dan pengelolaan PLTA Mamberamo Raya dengan menyekolah anak-anak Tabi ke luar negri.

"Anak-anak Membaramo atau di wilayah Tabi akan disekolahkan ke Tiongkok, guna belajar teknologi tersebut," katanya.

Untuk itu, Kyuew Kyuew meminta kepada para pemangku kepentingan di wilayah Tabi agar memberikan dukungan pembangunan PLTA Mamberamo Raya sehingga peningkatan kesejahteraan untuk masyarakat di kawasan itu segera terwujud.

"Tentunya, saya butuh dukungan dari semua pihak untuk mendorong pembangunan PLTA Mamberamo Raya. Harapannya agar terjadi pembangunan industri ikutan lainnya saat PLTA itu berdiri, karena bisa memasok listrik kepada perusahaan skala besar, menengah, hingga untuk kebutuhan masyarakat di Tabi," katanya.

Bupati Mamberamo Raya Demianus Kyuew Kyeuw berada di Sarmi guna menghadiri pertemuan kawasan dan musyawarah percepatan pembangunan di wilayah Tabi yang meliputi lima kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten dan Kota Jayapura, Sarmi, Keerom, dan Mamberamo Raya.

Acara itu digelar selama dua hari dari Rabu (18/3) hingga Kamis (19/3) di Gedung BPKAD Kabupaten Sarmi yang juga dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan di antaranya Bupati Keerom Yusuf Wally, Bupati Jayapura Mathius Awaitauw, dan mantan bupati Jayapura Melkias Habel Suwae.

Hadir pula tokoh Pepera Ramses Ohee, mantan wakil ketua Majelis Rakyat Papua Hanna Hikoyabi, dan wakil dari MRP dan DPR Papua.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Antara

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kuartal I, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Susut 14,33%

Kuartal I, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Susut 14,33%

EKONOMI | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings