Anggota Komisi III DPR Minta Pemerintah Seleksi Pansel Capim KPK Secara Terbuka

Anggota Komisi III DPR Minta Pemerintah Seleksi Pansel Capim KPK Secara Terbuka
Masinton Pasaribu (Foto: Antara/Reno Esnir)
Hotman Siregar Selasa, 19 Mei 2015 | 21:26 WIB

Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu meminta pemerintah melakukan seleksi terbuka terhadap panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) KPK.

Pansel juga diharapkan tidak lagi menggunakan orang-orang lama karena hasilnya selama dua periode berakhir di proses hukum.

"Kita berharap pemerintah menyeleksi calon pansel yang punya rekam jejak yang sangat baik. Kalau panselnya tidak bagus hasilnya juga pasti tidak baik juga," ujar Masinton di Jakarta, Selasa (19/5).

Menurutnya, pansel jangan lagi meloloskan orang calon pimpinan KPK yang merupakan jaringannya. Sehingga Ia menekankan dilakukan secara terbuka supaya yang terpilih tidak lagi orang-orang yang sama.

"Lebih terbuka saja lah. Terbuka dengan masukan dari seluruh elemen, jangan pansel itu dipersonifikasi dengan satu kelompok saja, satu golongan. Kalau diperhatikan itu-itu saja selama ini," kata dia.

Menurut Masinton, dari 200 juta penduduk Indonesia dipastikan banyak yang memiliki kapabilitas untuk jadi anggota pansel. Pemerintah memiliki kewenangan penuh dalam menetukan pansel KPK.

"Nanti kalau yang diajukan ke DPR tidak bener, kita tinggal tolak. Kita ingin pimpinan KPK tak lagi bermasalah di kemudian hari," katanya.

Sumber: Suara Pembaruan