Ahmad Kamil dan Hatta Ali, Calon Kuat Ketua MA

Ahmad Kamil dan Hatta Ali, Calon Kuat Ketua MA
Rabu, 25 Januari 2012 | 23:36 WIB
Siapa pun hakim agung yang maju menjadi calon ketua MA, paling tidak dia harus ahli dalam bidang perdata maupun pidana.

Nama Hatta Ali, Ketua Muda Bidang Pengawasan MA dan Ahmad Kamil, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial diperkirakan akan menjadi calon kuat ketua mahkamah agung, pengganti Harifin A. Tumpa, Ketua MA saat ini, yang akan pensiun 1 Maret nanti.

Kedua orang tersebut juga sudah menyatakan diri secara terbuka untuk mencalonkan diri menjadi ketua MA.

"Selain dua orang itu memang ada yang lain (hakim agung) juga sih," kata kata Djoko Sarwoko, Ketua Muda Pidana Khusus, di Hotel Sultan, hari ini.

Namun Djoko enggan untuk menyebut nama hakim agung lain itu.

Djoko mengatakan siapa pun hakim agung yang maju menjadi calon ketua MA, paling tidak dia harus ahli dalam bidang perdata maupun pidana.

"Akan lebih bagus kalau MA dipimpin oleh seorang yang ahli baik di bidang perdata atau pidana karena pikiran saya sederhana saja, MA itu kor-nya kan pidana dan perdata yang paling besar perkaranya," kata Djoko.

8 Februari
Djoko mengakui bahwa menjelang pemilihan ketua MA pada 8 Februari nanti, para hakim agung baik yang sudah mulai mengikrarkan diri menjadi calon ketua MA maupun yang masih malu-malu mulai melakukan pendekatan kepada hakim agung.

"Ya kasak-kusuk, ada yang door to door. Hakim agung yang mencalonkan datang ke Hakim A, melakukan lobi- lobi, ke saya juga diminta dukungan, saya hanya bisa katakan mendukung atau tidak," kata Djoko.

Ketika dimintai keterangannya lebih lanjut mengenai adanya unsur suap dalam aksi door to door yang dilakukan oleh para calon ketua MA tersebut, Djoko enggan mengatakan.

"Kasak kusuk money politik isu itu bisa saja terjadi, makanya kita harap wartawan, KPK bisa awasi," kata Djoko.