Sail Tomini dan Festival Boalemo Diharapkan Dorong Pariwisata Sulteng dan Gorontalo

Sail Tomini dan Festival Boalemo Diharapkan Dorong Pariwisata Sulteng dan Gorontalo
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (tengah) bersama Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno (dua kanan) menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti (kiri), Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (dua kanan) dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kiri), memukul bersama sama alat musik tradisional Sulawasi Tengah "Gimba" dalam peluncuran Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Jakarta, Selasa (5/5). ( Foto: Suara Pembaruan / SP/Joanito De Saojoao )
Herman Kamis, 18 Juni 2015 | 18:35 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani berharap pelaksanaan Sail Tomini di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Festival Boalemo di provinsi Gorontalo pada September 2015 mendatang akan memberikan pengaruh yang besar dalam perkembangan dunia pariwisata, khususnya di Sulteng dan Gorontalo.

"Pasca pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo, paling tidak Sulteng dan Gorontalo bisa merasakan manfaatnya dari segi pariwisata," kata Puan Maharani usai memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait Persiapan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015, di Jakarta, Kamis (18/6).

Dalam event yang rencananya akan dihadiri 100 kapal pesiar dan kapal perang dari berbagai negara tersebut, Puan berharap para investor dapat melihat potensi alam, laut dan sumber daya yang ada di Sulteng dan Gorontalo disamping Bali dan Yogyakarta yang memang sudah mendunia.

Puncak acara Sail Tomini rencananya akan digelar di Teluk Tomini pada 19 September 2015. Beberapa hari sebelumnya, yakni tanggal 10 September 2015 juga akan digelar Festival Boalemo di provinsi Gorontalo.