Jazz Ijen Banyuwangi Kumpulkan Dana Kemanusiaan Rp 350 juta

Jazz Ijen Banyuwangi Kumpulkan Dana Kemanusiaan Rp 350 juta
Ajang Musik untuk Kemanusiaan, Jazz Ijen Banyuwangi, berlangsung dengan meriah. ( Foto: Istimewa )
Minggu, 23 Agustus 2015 | 01:49 WIB

Banyuwangi - Jazz Ijen Banyuwangi 2015 yang digelar di kawasan Perkebunan Tamansari, Sabtu (22/8) malam berhasil mengumpulkan dana untuk kemanusiaan Rp350 juta.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pada acara itu maju ke tengah panggung memimpin pengumpulan dana sosial yang kemudian disambut antusias pengusaha muda nasional, Erwin Aksa. Bos usaha Bosowa Grup menyumbang Rp50 juta.

Pada kesempatan tersebut Anas mengajak pengunjung lainnya, khususnya anak-anak muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banyuwangi yang baru dilantik yang dihadiri oleh sejumlah pengusaha muda Jatim dan nasional.

Ajakan pemimpin muda Banyuwangi itu disambut antusias para penonton yang bukan hanya pengusaha, melainkan juga ada birokrat dan politisi.

Tidak lebih dari seperempat jam, dana yang terkumpul mencapai Rp350 juta. Sambil mengucapkan terima kasih, Anas menyampaikan bahwa dana itu akan disalurkan kepada masyarakat.

"Dana sosial ini akan kami gunakan untuk tambahan beasiswa para siswa di sekitar kawasan Gunung Ijen ini. Selain itu, juga untuk membantu berbagai aktivitas masyarakat lainnya, termasuk untuk kesehatan," ujar Anas.

Jazz Ijen Banyuwangi yang masuk dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2015 ini menghadirkan musisi Andre Hehanusa, Kerispatih, dan sejumlah kelompok etnik musik lokal. Ajangini memang sengaja dikemas sebagai aksi bermusik untuk kemanusiaan dan promosi pariwisata. Selain untuk memopulerkan Gunung Ijen sebagai destinasi wisata unggulan Banyuwangi, juga sebagai ajang untuk membantu sesama.

Sebelum acara dimulai, juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan, donor darah, pembagian sembako, serta pengobatan gratis bagi warga sekitar. Tentu saja juga diperuntukkan bagi para penambang belerang yang sehari-hari beraktivitaas di Gunung Ijen.

Acara Jazz Ijen sendiri berlangsung meriah. Lebih dari seribu penonton hadir menikmati lagu-lagu yang disajikan para bintang.

Sumber: Antara