Bangun Hutan Tanaman Industri, Pemprov Papua Buka Lahan 12.000 Hektare

Bangun Hutan Tanaman Industri, Pemprov Papua Buka Lahan 12.000 Hektare
Ilustrasi Hutan Tanaman Industri ( Foto: istimewa )
Selasa, 8 September 2015 | 15:12 WIB

Jayapura - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan membuka lahan seluas 12.000 hektare di kawasan Kabupaten Jayapura untuk membangun Hutan Tanaman Industri (HTI).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Yan Yap Ormuseray mengatakan, lahan akan dibuka di sekitar kawasan Danau Love Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan PT Korindo.

"Pohon yang akan ditanam adalah Ecaliptus Pelita, yang merupakan jenis pohon mudah beradaptasi dengan cepat dan berasal dari Papua sehingga diharapkan tanaman ini akan familiar ketika diuji coba di Jayapura," katanya di Jayapura, Selasa (8/9).

Yan menuturkan, sesuai dengan perintah gubernur, dalam minggu ini penyiapan lahan sudah harus berjalan, karena perhitungannya kurang lebih satu tahun tiga bulan target Korindo sudah jadi.

Sebelumnya, Pemprov Papua meminta PT Korindo untuk berinvestasi di wilayahnya, dalam rangka membangun tenaga listrik bio massa yang berintegrasi dengan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Untuk tahap awal, proyek itu akan menggunakan bahan baku dari limbah pembukaan lahan atau menggunakan bahan baku dari limbah industri yang ada di sekitar lokasi itu.

"Hal ini dilakukan sambil menunggu proses perizinan hutan tanaman industri, karena itu butuhkan waktu dua tahun dari sekarang," ujarnya.

Dia menjelaskan rencana tersebut juga merupakan persiapan dalam rangka menyiapkan energi untuk pelakasanan PON 2020 di Provinsi Papua.

"Sehingga pada saat PON nanti diharapkan tersedia energi yang sangat cukup sehingga pelaksanaan even olahraga ini dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Sumber: Antara