Logo BeritaSatu

Balita Baduy Dapat Pemeriksaan Kesehatan

Minggu, 18 Oktober 2015 | 01:44 WIB
Oleh : WBP

Lebak- Anak usia bawah lima tahun (balita) di kawasan Baduy pedalaman, Kabupaten Lebak, Banten, memperoleh pemeriksaan kesehatan serta vaksin imunisasi. Langkah ini tidak bertentangan dengan adat setempat.

"Kami merasa terbantu dengan adanya petugas kesehatan sehingga balita-balita di sini sehat," kata tokoh Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Saija di Lebak, Sabtu (17/10).

Advertisement

Selama ini, pelayanan kesehatan balita di kawasan Baduy relatif baik karena didukung delapan posyandu. Kehadiran posyandu dapat meningkatkan kesehatan anak balita dengan pemeriksaan kesehatan, penimbangan, asupan gizi, pemberian vitamin juga imunisasi.

"Kami berharap para petugas kesehatan dapat melayani masyarakat Baduy guna mendukung kualitas dan derajat kesehatan warga setempat," katanya.

Dia mengatakan, saat ini para ibu-ibu usia muda sudah memahami dan mengerti tentang pentingnya kesehatan balita.

Menurut dia, pelayanan kesehatan itu tidak melanggar keputusan lembaga hukum adat karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan anak. Selain itu, bisa mencegah berbagai penyakit menular, seperti campak, polio dan lainya. "Kami sangat mendukung kesehatan anak dan bayi dilakukan setiap pekan oleh petugas medis Puskesmas Cisimeut," katanya.

Eros Rosita, seorang bidan khusus wilayah Baduy mengaku selama ini balita di Baduy sudah menerima program pemerintah bidang kesehatan, meskipun awalnya mereka menolak karena bertentangan dengan adat "kaolotan".

Namun kini balita-balita di Baduy sudah memperoleh pemeriksaan kesehatan dan vaksin imunisasi jenis polio, BSG, DPT, HBO dan campak.

Perkampungan kawasan Baduy sebanyak 58 kampung dengan kondisi medan pegunungan. Satu-satunya jalan untuk menempuh antarkampung Baduy dengan berjalan kaki mencapai puluhan kilometer. Bahkan, petugas harus berjalan kaki melintasi hutan belukar dan penuh curam. "Kami sudah biasa melintasi perbukitan dan pegunungan di kawasan Baduy untuk meningkatkan derajat kesehatan anak-anak Baduy," kata Eros.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Antara

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings