Lagi, Bus Sumber Kencono Alami Laka Lantas

Lagi, Bus Sumber Kencono Alami Laka Lantas
Petugas mengidentifikasi bus Sumber Kencono yang mengalami kecelakaan di Desa Jeruk Gulung, Kec. Balerejo, Kab. Madiun, Jatim, Minggu (1/1) dini hari. (Foto: Antara Foto)
Selasa, 13 Maret 2012 | 04:52 WIB
Bus terguling dan masuk ke parit di tepi jalan sedalam empat meter.

Belasan orang penumpang Bus Sumber Kencono luka-luka akibat bus yang ditumpanginya menabrak pohon dan masuk parit di Jalan Raya Magetan-Ngawi, Desa Baluk, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jatim, Senin petang.

Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Kendati tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu, sebagian besar penumpang bus terluka dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Sayidiman Magetan dan puskesmas terdekat.

"Jumlah korban luka yang dirawat di Puskesmas Karangrejo dan rumah sakit ada sekitar 20 orang, dengan kondisi 18 orang mengalami luka ringan dan dua orang lainnya luka berat. Mereka termasuk dua orang pengemudi motor yang berusaha dihindari oleh sopir bus. Sedangkan penumpang lainnya tidak mengalami luka yang serius, namun masih syok," ujar AKBP Agus.

Menurut dia, kecelakaan tersebut berawal saat sepeda motor Honda Supra bernomor polisi AE-3657-KL yang dikendarai oleh Karno dan Darmi bersenggolan dengan motor tidak dikenal yang melaju kencang dari arah utara atau Ngawi.

Karno dan Darmi yang merupakan pasangan suami istri warga desa setempat langsung terjatuh dan terkapar di jalan raya akibat senggolan tersebut. Kemudian, pada saat bersamaan Bus Sumber Kencono bernomor polisi W-7803-UY jurursan Surabaya-Semarang melaju sedang dari arah Maospati, Magetan menuju Ngawi.

Karena jarak yang terlalu dekat, sopir Bus Sumber Kencono, Winarto, warga Gondang, Nganjuk, langsung banting setir ke kiri dan menabrak pohon di tepi jalan. Kemudian, bus terguling dan masuk ke parit di tepi jalan setempat sedalam empat meter.

"Polisi masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan ini. Sopir bus dan saksi lainnya sudah dimintai keterangan tentang kronologi kejadian ini," kata Agus.

Sementara, kondektur Bus Sumber Kencono, Nurhadi, mengatakan, kejadian kecelakaan tersebut sangat cepat. Saat itu, bus mengangkut sekitar 38 penumpang. Beruntung laju bus tidak terlalu kencang, sehingga tidak ada korban jiwa.

"Kejadiannya sangat cepat. Saat itu, kami melihat ada motor tabrakan dan korbannya jatuh di jalan. Sopir saya refleks menghindari motor dengan banting setir ke kiri. Tiba-tiba saja, setelah itu bus sudah masuk parit," tutur Nurhadi.

Akibat kecelakaan ini, arus lalu lintas di jalur penghubung Provinsi Jatim-Jateng ini sempat terganggu. Polisi Satuan Lalu Lintas Polres Magetan menggunakan sistem buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan.

Sebelumnya, Bus Sumber Kencono mengalami kecelakaan di Desa Jeruk Gulung, Kec. Balerejo, Kabupaten Madiun, Jatim. Bus Sumber Kencono jurusan Surabaya-Jogjakarta yang terlibat kecelakaan dengan sepeda motor itu mengakibatkan 6 orang tewas, 5 orang luka berat dan 20 orang luka sedang dan ringan.
Sumber: Antara