4.100 Banser Siap Amankan Natal di Jatim
Logo BeritaSatu

4.100 Banser Siap Amankan Natal di Jatim

Rabu, 21 Desember 2016 | 06:15 WIB
Oleh : Aries Sudiono / YUD

Surabaya - 4.100 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama Jawa Timur (NU Jatim) siap diterjunkan membantu aparat Kepolisian dan pengamanan internal gereja. Personel Banser itu akan bertugas menjelang, selama dan sesudah perayaan Hari Natal 25 Desember 2016. Namun demikian, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jatim masih menunggu Polda Jatim beserta jajaran untuk mengetahui jumlah personel per kota yang dibutuhkan.

“Dari 41 cabang yang ada di 38 kota kabupaten se-Jatim, kita siapkan masing-masing 100 Banser untuk per wilayah kota dan kabupaten. Jadi total ada 4.100 personel siap membantu aparat kepolisian dan internal gereja. Ini murni sukarela, tidak perlu dibayar,” ujar Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Jatim, Rudi Tri Wahid dalam keterangannya kepada wartawan, di Surabaya, Selasa (20/12).

Mantan Ketua Pengurus Cabang GP Ansor Kabupaten Ngawi itu membenarkan, ada satu kabupaten yang terkadang memiliki dua cabang Banser, seperti di Kabupaten Pasuruan dan Kecamatan Bangil, Kabupaten Probolinggo dan Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Situbondo dan Kecamatan Asembagus, Kabupaten Jember dan Kecamatan Rambipuji. Dikemukakan Rudi Tri Wahid, bahwa bantuan pengamanan ini murni partisipasi dari Banser NU dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami selalu menjaga harmonisasi, hubungan baik dengan segenap anak bangsa. Keutuhan NKRI adalah harga mati. Jika kami diminta, ya pasti harus siap terjun,” tandas Rudi Tri Wahid lagi. Ia masih menunggu kontak dengan Polda Jatim, berapa tenaga Ansor yang diminta dari setiap masing-masing kewilayahan. Sebab antara kota kabupaten yang satu dengan lainnya ancaman keamanannya berbeda.

Ia lalu menunjuk satu wilayah kabupaten yang wilayahnya luas dan banyak gereja yang menggelar pesta Natal yang pelu pengamanan ekstra. Seperti Kota dan Kabupaten Malang, Mojokerto, Jombang, Situbondo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Madiun serta Kabupaten Lamongan, ujar Rudi Tri Wahid. Berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, ada sekitar 4.000 personel Banser yang diperbantukan menjaga umat Kristiani merayakan Natal di gereja-gereja tertentu.

Sterilisasi Gereja
Sementara itu sejumlah Polres utamanya Polres Kota Mojokerto tidak ingin terulang peristiwa (dua buah) bom rakitan di Gereja Sidang Jemaat Pantekosta di Indonesia, Eben Haezer di Jalan RA Kartini pada 24 Desember 2.000 yang meminta korban jiwa Riyanto, Anggota Banser setempat akibat mengamankan bom rakitan dalam tas ransel yang disusupkan teroris.

“Untuk kali ini kita sengaja meminta bantuan Tim Penjinak Bom Gegana Sat Brimobda Polda Jatim untuk melakukan penyisiran di gereja-gereja yang menyelenggarakan perayaan Natal,” ujar Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Nyoman Budiharja dalam keterangan persnya, semalam. Ia membenarkan, dalam rangka memberikan rasa aman dan tenteram umat kistiani, maka menjelang perayaan Natal, pihaknya sudah mulai melakukan sterilisasi gereja-gereja.

“Selain sterilisasi, kami akan menempatkan polisi di tiap gereja untuk mengamankan prosesi peribadatan agar ancaman terorisme bisa diantisipasi,” katanya sambil menambahkan, bahwa sterilisasi dan penempatan polisi itu diutamakan pada rangkaian ibadah Natal. Selain sterilisasi gereja, pihaknya juga meminta Tim Penjinak Bom Gegana Sat Brimobda Polda Jawa Timur untuk turun dan memeriksa kondisi gereja di Kota Mojokerto.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Polda Sumut Larang Ormas Lakukan Aksi Sweeping

Polda Sumut telah melakukan koordinasi dan menyamakan persepsi dengan MUI, FKUB, dan Forkompimda.

NASIONAL | 20 Desember 2016

KAI Prediksi Arus Mudik di Sumut Meningkat 5%

Arus mudik menghadapi Natal mulai 23 Desember, dan kepadatan penumpang saat balik sampai 8 Januari 2017.

NASIONAL | 20 Desember 2016

Mayoritas Korupsi Berkorelasi dengan Dinasti Politik

Politik dinasti selalu dibangun dengan model dua periode kekuasaan, kemudian disiapkan generas penerus.

NASIONAL | 20 Desember 2016

DPD Tak Persoalkan Oesman Sapta Dipilih sebagai Ketum Hanura

Tidak ada aturan yang melarang anggota DPD menjadi pengurus atau pimpinan partai politik.

NASIONAL | 20 Desember 2016

Disergap Kelompok Santoso, Anggota TNI Tewas

Tim Nanggala 8 dan Tim Nanggala 4 kini masih melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut.

NASIONAL | 20 Desember 2016

Ini 4 Alasan MAKI Praperadilankan KPK Terkait Kasus Ratu Atut

Gugatan Praperadilan MAKI didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (20/12).

NASIONAL | 20 Desember 2016

Pimpinan Laskar Umat Islam Surakarta Tersangka, Polisi Sita Barang Bukti

Para tersangka ini saat ini dibawa ke Mapolda Jateng.

NASIONAL | 20 Desember 2016

Kapolri-Ketua MUI Sepakat Ormas Tak Boleh Sweeping Atribut Natal

Polisi akan tegas bila ada ormas sweeping.

NASIONAL | 20 Desember 2016

Fu Jian Indonesia dan Perpit Bantu Korban Gempa Aceh Rp 2 Miliar

Penyaluran bantuan bagi korban gempa Aceh melalui PMI terus mengalir.

NASIONAL | 20 Desember 2016

Pengacara Buni Yani Yakin Kliennya Menang Praperadilan

"Insya Allah. Ini apalagi disertai doa dari masyarakat, ya kami optimistis. Tapi nanti pada akhirnya hakim yang memutuskan," kata Aldwin.

NASIONAL | 20 Desember 2016


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS