Monumen Kuntilanak Akan Dibangun di Pontianak

Monumen Kuntilanak Akan Dibangun di Pontianak
Ilustrasi. ( Foto: ist )
Sahat Oloan Saragih / YUD Rabu, 18 Januari 2017 | 06:29 WIB

Pontianak - Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Kalbar, Pemprov Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Pariwisata. Pemuda dan Olah Raga akan membangun monumen atau patung kuntilanak. Patung ini nantinya akan dijadikan sebagai “ikon” Kota Pontianak dan akan menjadi satu daya tarik wisata ke Kalbar secara umum dan ke Pontianak secara khusus.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga Pemprov Kalbar Kartius kepada wartawan, Selasa (17/1).

Ia mengatakan, hingga saat ini daya tarik wisata di Kalbar tergolong sangat minim. Kondisi ini mengakibatkan kunjungan wisata ke Kalbar juga minim, untuk itu harus dikeluarkan atau dibentuk satu ide yang dapat dijadikan satu daya tarik wisata ke Kalbar.

"Padahal kita ketahui bahwa daerah atau negara yang mengandalkan sector atau bidang pariwisata untuk peningkatan ekonomi daerah itu menjadi maju. Selanjutnya pendapatan per kapita masyarakatnya juga terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan," kata Kartius.

Untuk itulah pihaknya mengeluarkan ide yaitu salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik wisata ke Kalbar artinya harus membangun satu tujuan wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Jadi daya tarik itu harus berbeda dengan daerah lain atau tidak ada di daerah lain.

Jadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tari wisata itu adalah dengan membangun patung atau menumen kuntilanak di Kota Pontianak. Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya sudah melakukan kajian serta sejarahnya.

Sesuai dengan rencana bahwa tinggi patung itu akan mencapai 100 meter dan memerlukan lahan yang cukup luas. Jika Pemko Pontianak tidak memiliki lahan yang luas maka lahan Pemprov yang luas akan dijadikan lokasi patung.

Ia mengatakan, ide yang sudah disampaikan kepada masyarakat itu menuai kritik dari berbagai pihak, namun ada juga yang setuju untuk segera direalisasikan atau dibangun. Oleh sebab itu semua ide dnaakritikan baik yang menghambat atau tidak setuju maupun yang medukung akan tetap dipelajari secara seksama, sehingga dikemudian hari tidak timbul penyesalan.

Jika patung kuntilanak ini terwujud maka banyak wisatawan yang akan datang ke Kota Pontianak untuk melihat secara dekat tentang patung. Sebab melalui patung ini nantinya kita bisa naik setinggi 100 meter untuk melihat Kota Pontianak secara keseluruhan.

Menurut Kartius dengan adanya monumen itu maka akan membuka atau menambah lapangan kerja bagi masyarakat sekitar lokasi. Seperti pedagang makanan, tukang parkir, pedagang souvenir serta berbagai macam keperluan.

Untuk itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat yaitu untuk membicarakan masalah anggaran pelaksanaan pembangunan patung kuntilanak. Hal ini penting dilakukan karena anggaran biaya yang diperlukan untuk membagun patung ini mencapai ratusan miliar.





Sumber: Suara Pembaruan