Sidang Pertama OSO Sebagai Ketua DPD Sempat Ricuh

Sidang Pertama OSO Sebagai Ketua DPD Sempat Ricuh
Rapat Paripurna DPD RI di bawah kepemimpinan Oesman Sapta kembali ricuh. (Foto: Beritasatu TV)
Markus Junianto Sihaloho / WBP Selasa, 11 April 2017 | 19:21 WIB

Jakarta - Ketua DPD Oesman Sapta sukses melaksanakan tugasnya memimpin sidang paripurna pertama kali setelah diangkat untuk jabatan barunya itu. Bertempat di Gedung Parlemen, Selasa (11/4), pria yang akrab disapa OSO itu memimpin sidang penyerahan ikhtisar hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Semester II 2016. Selain penyerahan ikhtisar laporan BPK, sidang itu juga berisi agenda penyerahan laporan reses anggota DPD.

Memang sempat terjadi dinamika atau ricuh pada rapat itu terkait dualisme kepemimpinan di DPD. Sebab masih ada anggota DPD yang menganggap pengangkatan OSO sebagai ketua DPD baru tak sah.

Berbagai interupsi muncul‎ di awal persidangan, mempertanyakan keabsahan sidang. Para anggota dewan yang membela keabsahan sidang dan kepemimpinan OSO juga menyampaikan sikapnya. Sebagai pimpinan sidang, OSO secara tegas melanjutkan proses sidang, dan semua agenda berlangsung lancar.

Pada kesempatan itu, OSO meminta agar DPD bekerja lebih keras, khususnya dalam menyiapkan beberapa Rancangan Undang-undang (RUU) yang diinisiasi DPD yakni RUU tentang etika penyelenggara negara, RUU tentang geologi, RUU tentang energi terbarukan, RUU tentang sistem pengupahan, RUU tentang pajak penghasilan, dan RUU tentang pengelolaan kekayana negara dan daerah.

"Di masa sidang ini, diharapkan seluruh alat kelengkapan dapat menyelesaikan ‎rangkaian tugas yang telah diagendakan sejak dari masa sidang sebelumnya," kata OSO.



Sumber: BeritaSatu.com