Panglima TNI Luncurkan Film "Merah Putih Memanggil"

Panglima TNI Luncurkan Film
Gatot Nurmantyo. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / PCN Jumat, 28 April 2017 | 15:46 WIB

Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meluncurkan film "Merah Putih Memanggil" di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (28/4). Hadir mendampingi Gatot, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi, Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto, dan sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI yang lainnya.

Gatot menjelaskan, film tersebut berisikan semangat perjuangan dan konsistensi TNI dalam membela "Merah-Putih". TNI tidak pernah mundur dan surut untuk mempertahankan keutuhan negara ini.

"Kami ingin meyakinkan masyarakat maupun pihak luar bahwa TNI selalu ada untuk melindungi seluruh warga negara Indonesia," kata Gatot.

Menurutnya, film itu sengaja diberi judul "Merah-Putih Memanggil." Tujuannya untuk memanggil semua anak bangsa, terutama TNI untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), apa pun ancamannya.

"Film ini ingin menunjukkan TNI mempunyai kemampuan yang sangat tinggi untuk melakukan operasi militer di daerah mana pun," tegasnya.

Dia menuturkan, film tersebut akan tayang pertama di bioskop-bioskop 5 Oktober 2017 bertepatan dengan perayaan HUT TNI. Film tersebut bercerita tentang konsistensi membela Merah-Putih lewat operasi pembebasan WNI di kapal pesiar yang disandera oleh sekelompok teroris.

Film ini disutradarai Mirwan Suwarso dan diproduseri oleh Jose S. Karjadi. Naskah dan skenario film ditulis mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara TB Silalahi.

Proses pembuatan film ini melibatkan pasukan Kopassus TNI AD, Marinir, Kopaska, Penerbal, KRI Diponegoro, kapal selam KRI Nanggala, dan Skadron pesawat tempur Sukhoi SU-30 dari TNI AU.

Aktor-aktor film tersebut yakni seorang personel TNI AD Maruli Tampubolon dan beberapa bintang film nasional, antara lain Verdy Bhawanta, Aryo Wahab, Restu Sinaga, dan Prisia Nasution.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE