Pembubaran HTI, PAN Dukung Pemerintah

Pembubaran HTI, PAN Dukung Pemerintah
Zulkifli Hasan. ( Foto: Markus Junianto )
Robertus Wardi / YUD Kamis, 20 Juli 2017 | 20:07 WIB

Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menilai sikap pemerintah membubarkan organisasi massa (Ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sudah tepat. Pasalnya, pemerintah mengeluarkan keputusan tersebut berdasarkan Perppu No 2 Tahun 2017 tentang Ormas yang sudah diterbitkan pemerintah 10 Juli lalu.

"Sudah tepat pemerintah. Kalau ada Perppu kan berlaku Perppu-nya walaupun belum disetujui DPR tapi sudah berlaku," kata Zulkifli di gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/7).

Ia menjelaskan ‎Perppu adalah pengganti undang undang (UU). Begitu diterbitkan maka langsung sah dan berlaku.

"Bisa jadi UU atau tidak tergantung diterima atau ditolak DPR. Sebelum diterima atau ditolak Perppu itu berlaku," jelas Zulkifli yang juga Ketua MPR ini.

Dia menegaskan adanya pro dan kontra terkait kehadiran Perppu sudah biasa. Mekanisme untuk menyelesaikan pro dan kontra itu juga sudah ada. Karena itu, yang tidak puas atas putusan pemerintah bisa menggunakan mekanisme hukum yang berlaku.

"Kalau pro-kontra memang sah karena hak pemerintah. Dengan dasar itu pemerintah secara hukum tepat. Saya kira HTI dengan Pak Yusril (pengacara HTI, Red) punya hak memperkarakan secara hukum," tutupnya.



Sumber: Suara Pembaruan