Logo BeritaSatu

Japfa Bangun Sistem Sekolah Sehat di Sumbar

Jumat, 25 Agustus 2017 | 21:59 WIB
Oleh : Harso Kurniawan / HK

Jakarta - Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Padang untuk melaksanakan JAPFA4Kids bersamaan dengan Livestock Expo, kontes ternak dan bulan bhakti peternakan dan kesehatan hewan Sumatera Barat. Japfa mengusung pendekatan baru untuk membangun sekolah menjadi tempat yang sehat dan nyaman serta menumbuhkan perilaku bersih hidup dan sehat bagi anak-anak.

“Tahun ini Japfa ingin berbuat lebih dengan memastikan perubahan terjadi di sekolah dan berkesinambungan, Berbeda dengan tahun sebelumnya, kami akan menempatkan dua orang fasilitator untuk menjadi pendamping bagi sekolah untuk mendorong terjadinya perubahan,” ujar Head of Social Investment & Corporate Communication Department Japfa R. Artsanti Alif, Jumat (25/8).

Dia menegaskan, strategi Japfa untuk mendorong dan memastikan perubahan di sekolah diawali dengan memberikan pelatihan untuk guru dan siswa. Sasarannya adalah 100 guru yang berasal dari 7 SDN di Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Mengadopsi manajemen 5S dari Jepang, pelatihan tersebut membekali guru mengenai prinsip tata kelola sekolah yang bersih, sehat, dan nyaman. Tak hanya menyasar para guru, Japfa melatih anak-anak untuk menjadi duta perubahan di sekolah. Terdapat tiga jenis pelatihan yang bertempat di SDN 04 Timbulun pada 23 Agustus 2017, mulai dari pelatihan duta makanan sehat, pelatihan duta anak sehat, dan pelatihan duta lingkungan. Setiap jenis pelatihan diikuti oleh sekitar 42 anak.

Selama masa pendampingan, dia menyatakan, Japfa mendorong sekolah untuk membuat komite sekolah yang nantinya bertanggungjawab untuk melaksanakan program. Komite ini yang akan memastikan perubahan di sekolah. Setidaknya dua aspek yang didorong untuk berubah yaitu mendorong terbentuknya perilaku hidup bersih dan terbentuknya sekolah sehat. JAPFA4Kids merupakan program investasi sosial Japfa yang dilaksanakan sejak 2008.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mentan: Rakyat Bisa Tanam Buah dan Sayur, Kenapa Impor?

Mentan mengkritik banyaknya sayur dan buah impor yang membanjiri pasar Indonesia, padahal sebetulnya buah dan sayur lokal punya kualitas yang sama baiknya.

NEWS | 2 Desember 2022

Mentan Dorong Buah dan Sayur Lokal Tembus Pasar Ekspor

Mentan Syahrul Yasin Limpo mendorong lebih banyak lagi produk pertanian Indonesia untuk bisa menembus pasar ekspor, terutama sayuran dan buah-buahan.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembangunan SDM TNI Jadi Prioritas Pertama Yudo Margono

Pembangunan SDM di internal TNI menjadi prioritas pertama Laksamana Yudo Margono jika terpilih menjadi Panglima TNI.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini Pendapat Yudo Margono Soal Alutsista Modern TNI

Yudo Margono meyakini alat utama sistem senjata (alutsista) yang modern bisa membuat TNI siap menghadapi semua kemungkinan ancaman terhadap Indonesia.

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Tegaskan Prajurit TNI Harus Tampil Sederhana

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan prajurit TNI harus menampilkan diri dan memberi contoh ke rakyat banyak mengenai sikap sederhana.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembunuhan Keluarga di Magelang, Pelaku Belajar dari Kasus Sianida

Penyidikan pembunuhan keluarga di Magelang mengungkap fakta baru. DDS yang tega meracuni keluarganya hingga tewas menyebut belajar dari kasus sianida. 

NEWS | 2 Desember 2022

Buktikan Sinergisitas TNI-Polri, Yudo Margono Pamer Foto dengan Istri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memamerkan foto dirinya dengan sang istri, AKBP Veronica Yulis Prihayati untuk membuktikan sinegisitas TNI-Polri.

NEWS | 2 Desember 2022

Visi Yudo Margono: TNI sebagai Patriot NKRI

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memaparkan visinya yaitu mewujudkan institusi TNI sebagai patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

NEWS | 2 Desember 2022

Istri dan Anak Ismail Bolong Diperiksa, Polisi: Semakin Menguatkan

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah memeriksa istri dan anak Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal 

NEWS | 2 Desember 2022

Perang Rusia-Ukraina hingga Pemilu 2024 Jadi Perhatian Yudo Margono

Perang Rusia-Ukraina hingga Pemilu 2024 menjadi perhatian calon Panglima TNI Yudo Margono saat menjalani fit and proper test di Komisi I DPR. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

SEMESTA BOLA 2022 | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE