Pimpinan Komisi III DPR Bersitegang dengan Wakil Ketua KPK

Pimpinan Komisi III DPR Bersitegang dengan Wakil Ketua KPK
Rapat kerja Komisi III DPR dengan KPK. ( Foto: Antara )
Hotman Siregar / AB Selasa, 12 September 2017 | 13:13 WIB

Jakarta - Rapat kerja Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilanjutkan hari ini, Selasa (12/9). Dalam rapat hari ini, pimpinan sidang, Benny K Harman sempat bersitegang dengan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang. Saling bantah antara dua pimpinan lembaga itu terjadi ketika Benny meminta Saut menjelaskan standar operasi prosedur (SOP) di bagian pengaduan masyarakat KPK.

Saat Saut memberi jawaban, Benny langsung memotong pembicaraan dan meminta jawaban lebih fokus.

"Tolong jawab pertanyaan lebih fokus. Apa yang saya tanya itu saja dijawab," ujar Benny yang memimpin rapat.

Saut pun menyatakan dirinya sudah menjelaskan prosedur di bagian pengaduan masyarakat KPK.

Tidak puas dengan jawaban itu, Benny meminta pertanyaan dijawab dengan tidak bertele-tele. Namun, Saut terus menyahut dan melanjutkan penejelasannya.

Saling bantah pun terjadi. Suara meninggi dari Benny, anggota Komisi III lainnya, dan Saut Situmorang pun tak bisa dihindari. Anggota Komisi III lainnya pun langsung melakukan interupsi. 

Ketegangan mereda setelah Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata memberi jawaban atas pertanyaan Benny soal mekanisme pengaduan masyarakat. 

Rapat lanjutan hari ini digelar di ruang rapat Komisi III, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9). Rapat dimulai pukul 10.30 WIB. Seluruh komisioner KPK hadir dalam rapat, yakni Ketua KPK Agus Rahardjo dan empat wakil ketua, yaitu Saut Situmorang, Basaria Panjaitan, Laode M Syarif, dan Alexander Marwata.



Sumber: Suara Pembaruan