Simposium IHWG: Hidrasi Sehat Bantu Ketahanan Fisik, Penglihatan dan Memori Anak
Logo BeritaSatu

Simposium IHWG: Hidrasi Sehat Bantu Ketahanan Fisik, Penglihatan dan Memori Anak

Rabu, 8 November 2017 | 13:44 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta - Paralel Simposium yabg diadakan oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG) - FKUI yang didukung oleh Danone Aqua salah satunya membahas beberapa penelitian internasional menunjukkan bahwa perbaikan hidrasi sehat pada anak bisa membantu ketahanan fisik, penglihatan serta memori mereka.

IHWG Week 2017 digelar sebagai cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang manfaat air dan hidrasi sehat berdasarkan kajian ilmiah terkini.

"Paralel Symposium hari ini merupakan bagian dari IMERI Conference, dengan topik Kid’s Hydration (hidrasi anak), yang mencakup dasar-dasar ilmiah hidrasi pada anak, asupan cairan pada anak, dan rekomendasi asupan air bagi anak Indonesia," kata dr Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone Aqua di Jakarta, Rabu (8/11).

Simposium ini menghadirkan Profesor Stavros Kavouras (Univ. Arkansas, USA), Isabelle Guelinckx, PhD (Danone Research Palaiseau, France) serta Dr. Titis Prawitasari, SpA(K) (FKUI, Indonesia).

"Pesan utama dalam simposium ini adalah rekomendasi hidrasi sehat pada anak Indonesia, yaitu berapa banyak yang harus diminum (usia 4-13 tahun sebanyak 5-7 gelas ukuran 250mL, berdasarkan konsensus Ikatan Dokter Anak Indonesia), bagaimana cara mengukur kecukupannya (membandingkan warna urin dengan stiker PURI), dan perubahan perilaku anak menjadi lebih sehat,” Kata Tria menjelaskan lebih lanjut.

Menurut beberapa penelitian, karena perbedaan dalam komposisi tubuh, anak-anak memiliki persentase kandungan air tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Rata-rata, air mewakili 75 persen massa tubuh bayi sampai usia 6 bulan, kemudian menurun cepat selama masa bayi dan melambat pada masa kanak-kanak.

Pada penelitian terkini juga menyatakan bahwa pada anak yang beraktivitas, perbaikan status hidrasi akan membantu meningkatkan ketahanan fisik (American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition and Council on Sports Medicine and Fitness, 2011). Penambahan konsumsi air putih pada anak dapat mendukung fungsi penglihatan dan memori.

Sementara itu, data terkini mengenai hidrasi anak di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak masih belum cukup minum, untuk anak laki-laki 25 persen dan untuk anak perempuan 32 persen (Iglesia et al, 2015). Namun menurut penelitian Iglesia paa tahun 2015, status hidrasi anak Indonesia masih lebih baik bila dibandingkan dengan China, yang 80 persen belum cukup minum.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bandara Ngurah Rai Terbaik Ketiga di Dunia

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, masuk bandara terbaik dunia untuk kategori jumlah penumpang 15-25 juta/tahun.

NASIONAL | 8 November 2017

SBY dan Wapres JK Tinggalkan Graha Saba

Tanpa memberikan keterangan kepada wartawan, JK langsung memasuki kendaraan.

NASIONAL | 8 November 2017

KPK Diminta Segera Periksa Elias Djo

KPK diminta segera tetapkan Elias Djo sebagai tersangka.

NASIONAL | 8 November 2017

Jokowi Dinilai Sosok Ayah Teladan

Jokowi adalah orangtua yang patut dicontoh oleh semua orang.

NASIONAL | 8 November 2017

Kahiyang-Bobby Resmi Menikah

Wapres Jusuf Kalla menjadi saksi pernikahan dari mempelai perempuan dan Menko Perekonomian Darmin Nasution menjadi saksi dari mempelai pria.

NASIONAL | 8 November 2017

Imigrasi Bengkulu Deportasi WNA Asal Tiongkok

WNA asal Tiongkok yang dideportasi ini terjaring operasi oleh Polres Seluma, karena saat diperiksa tidak memperlihatkan dokumen perjalanan ataupun izin tinggal

NASIONAL | 8 November 2017

Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby Digelar Empat Gelombang

Setelah ijab kabul Kahiyang dan Bobby menjalani prosesi adat Jawa bernama Panggih atau bertemu.

NASIONAL | 8 November 2017

Mensos Ajak Hening Cipta Serentak 60 Detik Peringati Hari Pahlawan

Melalui Kominfo, pesan tentang mengheningkan cipta serentak akan disampaikan melalui berbagai media komunikasi.

NASIONAL | 8 November 2017

Sejumlah Tokoh Nasional Mulai Datangi Graha Saba

Di antaranya Dahlan Iskan dan Timur Pradopo yang berjalan dari persimpangan Sumber hingga lokasi gedung.

NASIONAL | 8 November 2017

Mantan Gubernur Bengkulu Divonis 1 Tahun 7 Bulan Penjara

Junaidi terbukti melakukan tindak pidana korupsi honor pembina dewan pengawas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus setempat.

NASIONAL | 8 November 2017


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS