Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Kalbar
Logo BeritaSatu

Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Kalbar

Senin, 15 Januari 2018 | 13:46 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / JAS

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdagri, Dodi Riyadmadji, sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar). Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Senin (15/1).

Dodi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (keppres) Nomor 5/P 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar Masa Jabatan 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Kalbar.

Dalam keppres tersebut, Presiden mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa gubernur dan wagub Kalbar periode 2013-2018, Cornelis dan Christiandy Sanjaya selama memangku jabatan.

Dodi yang juga Kepala Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri menjadi penjabat hingga dilantiknya gubernur dan wagub masa jabatan 2018-2021. Dodi mendapatkan tunjangan jabatan kepala daerah sesuai peraturan perundang-undangan.

“Untuk pejabat baru silakan menggunakan aparatur sipil negara (ASN) yang ada. Manajemen yang kita pakai manajemen pemerintah modern. Saya mohon kepada bupati dan wali kota di Kalbar, organisasi pemda agar taat dan patuh kepada penjabat gubernur, karena beliau adalah wakil pemerintah pusat di daerah,” kata Cornelis dalam sambutannya.

Demikian juga penjabat gubernur, menurutnya, harus patuh terhadap mendagri. “Komandannya adalah mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia. Kalau ini dijalankan, saya yakin dan percaya tugas Anda akan sukses. Saya juga siap membantu, tapi hanya sekadar saran, tapi keputusan Anda yang buat,” ujarnya.

Dia menyatakan, Kalbar letaknya sangat strategis. Misalnya berbatasan dengan laut China Selatan dan negara Malaysia. Masalahnya juga begitu rumit. “Selama saya menjadi gubernur ada 17 kali masalah. Tapi konflik agama tidak pernah terjadi antara Islam, Kristen non Kristen. Kalau pun ada mungkin diciptakan orang di luar,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Kalbar

Dodi yang juga Kepala Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri menjadi penjabat hingga dilantiknya gubernur dan wagub masa jabatan 2018-2021

NASIONAL | 15 Januari 2018

Anggota Polisi Berpolitik Belum Mundur, Ini Kata Polri

Diharapkan, sebelum tanggal 12 Februari (saat penetapan calon) sudah keluar keputusan pengunduran diri para anggota Polri yang ikut Pilkada ini.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Konten Lokal PLTB Sidrap 40 Persen

"Konten lokal proyek ini 40 persen. Tower ini buatan Cilegon dengan tinggi 80 meter dan berat 80 ton," kata I Made Suprateka.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Rizal Ramli Akan Perkuat Visi Jokowi

Rizal Ramli sebagaimana dapat menjadi penguat, pengisi dan pelengkap visi Jokowi yang belakangan ini semakin kabur.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Amankan Pilwalkot Bengkulu, 1.376 Personel Disiapkan

Mereka akan disebar ke seluruh TPS yang ada di sembilan kecamatan di Kota Bengkulu.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Semburan Lumpur Panas Resahkan Warga Palu

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Palu, Petrus Demon Sili, mengungkapkan, semburan lumpur panas tersebut tidak membahayakan.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Kapolri Temui Mendagri Bahas Pilkada Serentak 2018

Apabila isu-isu provokatif negatif tidak masif, maka dinamika pilkada berlangsung kondusif.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Unhan Apresiasi Ekspedisi Batas Negeri UKM IPB

Ekspedisi semacam ini dapat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi lain secara rutin.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Pemda Asmat Diminta Perhatikan KLB Gizi Buruk dan Campak

"Pemda yang dekat selalu memantau, melihat, mengelilingi terus daerah-daerah yang diperkirakan terjangkit penyakit, atau gizi buruk," ujar Jokowi.

NASIONAL | 15 Januari 2018

Sejumlah Petinggi Hanura Ajukan Mosi Tak Percaya ke OSO

Pertemuan itu dihadiri purnawirawan jenderal TNI yang selama ini aktif mengurusi Hanura di antaranya Subagyo HS dan Fachrul Razi.‎

NASIONAL | 15 Januari 2018


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS