Gedung Pascasarjana UGM Bantuan Tahir Foundation Diresmikan

Gedung Pascasarjana UGM Bantuan Tahir Foundation Diresmikan
Pendiri Tahir Foundtaion Prof Dr Dato Sri Tahir, Rektor UGM, Prof Panut Mulyono, dan Ketua MWA UGM, Prof Dr Partikno, menendatangani prasasti peresmian gedung pascasarjana Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM yang dibangun atas dana hibah Tahir Foundation senilai Rp 100 miliyar, disaksikan Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Prof Ali Ghufron Mukti dan dan Dekan FKKMK UGM, Prof dr Ova Emilia, di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1 Maret 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Fuska Sani )
Fuska Sani / JAS Kamis, 1 Maret 2018 | 23:44 WIB

Yogyakarta - Gedung Pascasarjana Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang dibangun atas dana hibah Tahir Foundation senilai Rp 100 miliar, Kamis (1/3) resmi dioperasionalkan.

Gedung dua tower dengan delapan lantai dan satu basement yang berdiri di atas tanah seluas 9.760,032 meter persegi (m2) tersebut, dilengkapi dengan skybridge di lantai tiga dan empat, seluas 908,325 m2. Luas masing-masing tower 4.425,84 m2 dan dilengkapi dengan satu basement, dengan tiga kriteria smart building.

Dekan FKKMK UGM, Ova Emilia menuturkan, ada tiga hal yang menjadikan gedung ini pantas disebut smart building, yakni automated building yaitu energy, connectivity, conditioning. Kriteria kedua functionality yaitu effective meeting, conference teleconference, workshop and seminars, digital library.

“Kriteria yang ketiga gedung ini juga memperhatikan aspek sosial," papar Ova.

 

Gedung Pascasarjana Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM.

Ia menuturkan, dengan adanya gedung ini menjadi pekerjaan rumah (PR) baru bagi FKKMK UGM untuk terus berinovasi dari proses pembelajaran dan akan digunakan untuk aktivitas pembelajaran mahasiswa pascasarjana di enam prodi magister, 20 prodi pendidikan dokter spesialis, dan satu program doktor.

Peresmian gedung ditandai dengan pengguntingan pita secara bersama-sama oleh Rektor UGM, Prof Panut Mulyono, Pendiri Tahir Foundtaion Prof Dr Dato’ Sri Tahir, Ketua MWA UGM, Prof Dr Partikno, disaksikan Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Prof Ali Ghufron Mukti dan dan Dekan FKKMK UGM, Prof dr Ova Emilia.

Rektor UGM menyampaikan apresiasi kepada Tahir Foundation atas bantuan pembangunan gedung pascasarjana FKKMK UGM. Dia berharap adanya gedung baru ini bisa menjadikan pendidikan pascasarjana di FKKMK UGM semakin maju.

“UGM mengemban amanah menjadikan pendidikan pascasarjana sebagai tulang punggung penelitian sehingga dengan gedung baru ini diharapkan dapat mendorong peningkatan produktivitas penelitian dan publikasi di FKKMK serta melahirkan solusi terhadap penyakit tropis,” katanya.

Sedang Sri Tahir mengatakan, universitas perlu terus meningkatkan kualitas akademis dan lulusannya. Karenanya dia berharap dengan keberadaan gedung baru ini nantinya dapat mendukung pengembangan pendidikan dan penelitian di FKKMK UGM.

“Semoga kedepan bisa terus menjalin kerja sama untuk mengabdi pada masyarakat,” katanya.



Sumber: Suara Pembaruan