Pentingnya Menjaga Kebersihan Organ Intim saat Menstruasi

Pentingnya Menjaga Kebersihan Organ Intim saat Menstruasi
Peluncuran buku saku "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" di Jakarta, 14 Maret 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Rabu, 14 Maret 2018 | 22:28 WIB

Jakarta - Menstruasi merupakan proses biologis yang normal bagi kalangan perempuan. Namun, banyak diantaranya (terutama remaja), yang masih belum mengerti pentingnya menjaga kebersihan daerah kewanitaan saat menstruasi.

Berdasarkan hasil riset Burnet Institute terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia, ditemukan fakta masih banyak anak perempuan yang belum mengerti mengenai menstruasi, siklus menstruasi, dan manajemen kesehatan menstruasi.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Botefilia Budiman SpoG KFER, mengatakan, penting bagi perempuan untuk mengenal sistem reproduksi. Tubuh telah tercipta sedemikian rupa untuk bisa menjaga kondisi kebersihan dan kesehatan secara natural selama menstruasi.

"Hal yang perlu diperhatikan adalah memiliki rutinitas baik dalam membantu menjaga kebersihan menstruasi, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Penting juga untuk sering mengganti pembalut antara 3 jam hingga 6 jam sekali," ungkap dr Botefilia di sela peluncuran buku saku 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' di Jakarta, Rabu (14/3).

Menurut dr Botefilia, tidak kalah pentingnya adalah mengenal gejala menstruasi yang tidak normal seperti nyeri berlebihan, pola sangat tidak teratur, ditambah dengan durasi yang panjang, serta terlambat mengalami menstruasi pertama, yaitu di atas usia 14 tahun.

"Apabila ada gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter," tambahnya.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemkes), dr Eni Gustina MPH, menambahkan, remaja perempuan perlu mendapatkan pengetahuan mengenai menstruasi.

"Minimnya pengetahuan bisa menyebabkan kurangnya persiapan ketika pertama kali mengalami menstruasi, dan kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan kebersihan menstruasi yang aman," jelasnya.

Sementara itu, Brand Manager Betadine Feminine Care, Vina Oktavia Setiawan, mengatakan, organ intim wanita merupakan harta yang paling berharga.

"Untuk itu, perlunya memberikan edukasi yang tepat kepada anak perempuan mengenai menstruasi agar mereka memiliki informasi lengkap dalam penanganan menstruasi," kata Vina.

Menurutnya, dalam buku saku tersebut, akan ditemukan berbagai informasi yang dapat membantu remaja perempuan memperoleh penjelasan mengenai berbagai hal yang perlu diketahui tentang menstruasi.

"Buku saku ini akan disebarkan lebih luas lebih lanjut pada remaja perempuan usia 12-14 tahun, komunitas ibu dan anak dan juga melalui Dinas Kesehatan," pungkasnya.



Sumber: Investor Daily
CLOSE