Polisi Tangkap Sindikat Pelaku Skimming Asal Bulgaria

Polisi Tangkap Sindikat Pelaku Skimming Asal Bulgaria
Ratusan kartu ATM kloning hasil skimming. (Foto: BeritaSatu.com/Farouk Arnaz)
Bayu Marhaenjati / WBP Senin, 19 Maret 2018 | 14:32 WIB

Jakarta - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya kembali menangkap satu pelaku pembobol rekening nasabah bank dengan modus skimming, di sebuah hotel di Jakarta Pusat. Tersangka berinisial BKV (46) warga negara asing asal Bulgaria.

"Ya ada tersangka baru satu tambahan, asal luar negeri, Eropa Timur," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Senin (19/3).

Sementara Kepala Sub Direktorat Reserse Mobil Direktorat Reserse Kriminal Umum AKBP Aris Supriyono mengatakan, tersangka BKV merupakan bagian dari sindikat pelaku pembobol rekening nasabah bank dengan modus skimming yang sebelumnya telah ditangkap antara lain berinisial CAS (Rumania), RK (Rumania), IRL (Rumania), FH (Hungaria), dan MK (Indonesia). "Saat ini kami masih dalami kapan pelaku ini ada di Indonesia. Apakah sama dengan para pelaku sebelumnya, sejak Juli 2017," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan sementara, ia menyampaikan, tersangka BKV berperan sebagai kelompok yang mengambil uang di mesin ATM, setelah sebelumnya kartu ATM nasabah berhasil dibobol datanya. "Dia menarik uang nasabah di ATM. Nanti lengkapnya kita rilis," katanya.

Sebelumnya diketahui, Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil membongkar sindikat pelaku pembobol rekening nasabah bank dengan modus skimming jaringan internasional. Kelima tersangka berbagi peran dalam menjalankan aksinya. Ada yang memesan alat-alat kejahatan seperti skimming, kamera, software dan lainnya, kemudian ada yang bertugas sebagai operasional atau memasang alat di mesin ATM, dan pengambil uang hasil kejahatan.



Sumber: BeritaSatu.com