Sisi Udara Bandara Kertajati Siap Beroperasi
Logo BeritaSatu

Sisi Udara Bandara Kertajati Siap Beroperasi

Minggu, 1 April 2018 | 18:12 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / YUD

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan sisi udara Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat siap beroperasi. Hal tersebut menyusul keberhasilan penerbangan kalibrasi yang dilakukan pada 29 Maret 2018.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menjelaskan, penerbangan kalibrasi ini merupakan penerbangan perdana di Bandara Kertajati. Penerbangan tersebut dilaksanakan untuk memastikan kesiapan landasan dan peralatan-peralatan lain di sisi udara bandara.

"Dengan keberhasilan penerbangan ini bisa dikatakan sisi udara bandara siap untuk dioperasikan dan ini mendekati target pengoperasian keseluruhan bandara pada pertengahan tahun ini," ujar Agus dalam keterangannya, Minggu (1/4).

Agus menilai, keberhasilan penerbangan perdana ini penting mengingat keberadaan Bandara Kertajati yang sudah sangat dinantikan. Bandara tersebut akan melayani transportasi udara bagi sebagian masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah serta mengurangi kepadatan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Keberadaan bandara ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dengan meningkatkan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya di Jawa Barat. Bandara ini juga akan digunakan sebagai bandara embarkasi haji wilayah Jawa Barat.

"Kami sebagai regulator penerbangan akan terus secepatnya melakukan proses sertifikasi sehingga bandara bisa dioperasikan sesuai target dan memenuhi persyaratan keselamatan, keamanan, dan kenyaman penerbangannya," lanjut Agus.

Pembangunan Bandara Kertajati pada awalnya merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menyiapkan lahan. Kemenhub lantas membangun sisi udara, mencakup landasan sepanjang 2.500 m dan lebar 60 m, apron, serta taxiway dengan menggunakan dana APBN.

Terminal Bandara Kertajati.

Adapun penerbangan kalibrasi dilakukan dengan menggunakan pesawat jenis Beechcraft King Air B350-i registrasi PK-CAP dengan kapasitas enam penumpang. Penerbangan ini untuk flight commisioning precision approach path indicator (PAPI) dan flight validation instrument flight procedure.

Sebagai pilot in command (PIC) pesawat adalah captain Sri Mulyanto dengan first officer Khairuna Fauzi, flight inspector I (PO) Dian Yusuf Aminudin, flight officer II (TO) Wahyu Wicaksono, flight mechanic Dennis Sagia, serta asisten fit mechanic Ary Firmansyah dari Balai Kalibrasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Pesawat lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dan mendarat di Bandara Kertajati pada pukul 08.21 WIB. Pesawat kemudian lepas landas dari Bandara Kertajati pada pukul 10.25 WIB untuk pengecekan fasilitas pendaratan PAPI. Pengecekan selesai pada pukul 11.51 WIB dan pesawat mendarat.

Menurut Agus, pendaratan pertama tersebut merupakan serangkaian pengujian kalibrasi terhadap instumen alat navigasi. Hal ini dilakukan untuk mencari formulasi panduan pesawat saat melakukan penerbangan selanjutnya di Bandara Kertajati. ‎

"Penerbangan kalibrasi juga berdasarkan publikasi AIRAC AIP SUP No 10/18 tentang The Operation of Kertajati International Airport-Majalengka yang dilakukan Direktorat Navigasi Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara pada 29 Maret 2018 dan effektif pada 24 Mei 2018," pungkas Agus.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Atlet Muda Berbakat Jabar Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Prestasi bulutangkis di Tasikmalaya sangat bagus. Harus ada regenerasi untuk menggantikan Susy Susanti.

NASIONAL | 1 April 2018

Menhub Optimistis KA Bandara Surakarta Beroperasi Awal 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis kereta api bandara akan beroperasi awal tahun 2019 seiring dengan berjalannya proses pengerjaan.

NASIONAL | 1 April 2018

Lolos dari Hukuman Mati di Arab, Masamah Kembali ke Kampung Halaman

Masamah sempat mendekam selama delapan tahun di penjara di Arab Saudi.

NASIONAL | 1 April 2018

Jelang UN, Mendikbud: Prestasi Penting, tapi Jujur Harus Diutamakan

Dia berpesan pada siswa untuk percaya pada kemampuan sendiri.

NASIONAL | 1 April 2018

Dukungan Pesantren Miftahul Huda Menambah Kekuatan Rindu

Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi dukungan keluarga besar pengurus Pondok Pesantren Miftahul Huda terhadap paslon Rindu.

NASIONAL | 1 April 2018

Menteri PPN : Potensi Kerugian Stunting Capai Rp 300 Triliun

Stunting dapat menimbulkan kerugian ekonomi bagi negara sebesar 2-3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) per tahun.

NASIONAL | 1 April 2018

Ketua DPR Nilai Rendahnya Kompetensi Pemicu Pekerja Migran Bermasalah

Semua pihak perlu berkoordinasi untuk memberantas mafia tenaga kerja.

NASIONAL | 1 April 2018

Dibuka Terbatas, Jalur Puncak Relatif Sepi Kendaraan

Longsor dan tingginya curah hujan menjadi faktor utama minimnya wisatawan ke kawasan Puncak.

NASIONAL | 1 April 2018

Pemkot Magelang Bangun Rusunawa Wates

Rusunawa Wates berkapasitas 76 ruang hunian.

NASIONAL | 1 April 2018

Wilayah Sumut Aman saat Perayaan Paskah

Kondisi keamanan tetap terjaga berkat tingginya partisipasi masyarakat.

NASIONAL | 1 April 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS