Pertamina Siap Angkat Pipa Putus di Teluk Balikpapan

Pertamina Siap Angkat Pipa Putus di Teluk Balikpapan
Kapal Sea Heaven yang akan digunakan untuk mengangkat pipa bawah laut milik Pertamina yang putus di perairan Teluk Balikpapan. ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Rabu, 18 April 2018 | 23:41 WIB

Balikpapan- Pertamina telah siap mengangkat pipa minyak yang putus di Teluk Balikpapan. Saat ini, persiapannya sudah memasuki tahap akhir.

Persiapan dimulai dari pembentukan tim khusus, pendataan kondisi pipa, pemesanan pipa pengganti, pemotongan pipa, dan teknik pengangkatan pipa. Setelah diangkat, kemudian akan diperiksa pihak kepolisian. Pengangkatan akan menggunakan kapal Sea Heaven.

Region Manager Communication dan CSR Pertamina Kalimantan Yudy Nugraha mengatakan, Pertamina telah membentuk tim penilai untuk mengecek kondisi pipa yang rusak.

Pipa yang putus tersebut diduga disebabkan oleh faktor eksternal. “Untuk mengetahui penyebab putusnya pipa tersebut, polisi akan melakukan investigasi dan rekonstruksi,” ujarnya, Rabu (18/4).

Menurutnya, ada tiga bagian pipa yang akan diangkat. Pemotongan dan pengangkatan pipa akan dilakukan oleh delapan penyelam yang telah mendapat izin dari Dirjen Perhubungan Laut dan kepolisian setempat.

“Semoga pengangkatan berjalan lancar, dan kepolisian dapat segera memeriksa penyebab putusnya pipa tersebut,” kata Yudy.



Sumber: Suara Pembaruan