Timbulan Sampah Plastik Indonesia Capai 9,8 Miliar Lembar Per Tahun
Logo BeritaSatu

Timbulan Sampah Plastik Indonesia Capai 9,8 Miliar Lembar Per Tahun

Selasa, 5 Juni 2018 | 20:24 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / FER

Jakarta - Sampah plastik masih menjadi permasalahan serius di Indonesia bahkan dunia. Jumlah timbulan kantong plastik di Indonesia per tahun diperkirakan mencapai 9,8 miliar lembar. Dari jumlah tersebut, hampir 95 persen kantong plastik itu menjadi sampah.

Jumlah timbulan sampah plastik diperkirakan sebesar 14 persen dari total jumlah timbulan harian atau 24.500 ton per hari setara 8,96 juta ton per tahun.

Gerakan pengurangan dan pengendalian penggunaan kantong plastik pun terus didorong oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) salah satunya dengan menggandeng organisasi keagamaan Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (B3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, mengatakan, pelibatan organisasi keagamaan ini diharapkan bisa mendorong upaya pengurangan sampah plastik. Pihaknya meyakini, umat keduanya tentu banyak sehingga bisa berkontribusi besar.

"Dampak sampah plastik terhadap lingkungan hidup sangat serius karena plastik merupakan bahan yang sulit terurai secara alami sampai ratusan tahun sehingga dapat mencemari dan merusak ekosistem tanah dan air," katanya di sela-sela Deklarasi Penggunaan Kantong Belanja Guna Ulang di Jakarta, Selasa (5/6).

Dalam kesempatan itu, organisasi NU dan Muhammadiyah yang digawangi kaum perempuan yakni Aisyiyah dari Muhammadiyah dan Muslimat NU berkomitmen untuk membangun budaya mengurangi sampah plastik mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Vivien pun berharap, komitmen serupa bisa terus menular secara masif di seluruh penjuru Indonesia. Dalam Undang-Undang Pengelolaan Sampah, daerah diberi mandat untuk mengurangi sampah dan melakukan penanganan sampah. "Saat ini rencana strategis daerah untuk itu masuk dalam komponen penilaian Adipura," ucapnya.

Vivien menambahkan, kota Banjarmasin merupakan contoh baik dalam komitmennya mengurangi sampah plastik. Sejak tahun 2016 melalui peraturan Wali Kota, ada pelarangan penggunaan kantong plastik di gerai modern.

Melalui program itu, Kota Banjarmasin berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik sebesar 51,3 juta lembar per bulan setara pengurangan timbulan sampah kantong plastik sebesar 513 ton per bulan atau 16,8 persen dari timbulan sampah plastik.

Permasalahan sampah plastik ini pun menjadi tema peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang diperingati setiap 5 Juni. Tahun ini tema global yang diambil Beat Plastic Polution dan tema nasional Kendalikan Sampah Plastik.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Presiden Naikkan Pendapatan Operasional Babinsa hingga 771%

Presiden Joko Widodo mengatakan, pendapatan operasional bintara pembina desa (Babinsa) akan dinaikkan pada Juli 2018 nanti mencapai 771 persen.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Pemerintah Segera Bentuk Dewan Kerukunan Nasional

Dewan Kerukunan Nasional (DKN) akan segera dibentuk oleh pemerintah.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Mudik Lebaran, Luhut Pastikan Tidak Ada Pemogokan Pilot Garuda

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tidak akan ada pemogokan pilot maskapai Garuda Indonesia saat arus mudik Lebaran 2018.

NASIONAL | 5 Juni 2018

BNP2TKI Fasilitasi BRI Bagi-bagi Sembako untuk PMI Purna

PMI Purna yang hadir sangat antusias. Salah satu PMI Purna yang hadir, Arsi, pernah bekerja di Qatar dan sekarang membuka usaha sendiri.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Indonesia Perjuangkan Jaminan Hak-hak Pelaut Korban Bajak Laut

Amendemen juga memuat jaminan repatrisasi bagi pelaut yang menjadi korban penyanderaan bajak laut atau perampokan di laut.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Kapolri: Ideologi Terorisme Seperti Virus

Ideologi terorisme disebut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sama seperti virus.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Truk 3 Sumbu ke Atas Diimbau Tak Melintas di Tol

Kemhub segera menerbitkan surat imbauan agar truk tiga sumbu atau lebih tidak melintas di sembilan ruas tol dan empat ruas jalan nasional pada 8-9 Juni 2018.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Pemerintah Akan Beli 5 Pesawat Hercules Baru

Kelima pesawat Hercules tersebut untuk menambah pesawat Hercules yang ada sekarang.

NASIONAL | 5 Juni 2018

Antisipasi Terorisme di Bulan Ramadan, Kapolri: Mereka Tidak Diam

Bulan Ramadan seperti saat ini merupakan bulan ‘favorit’ bagi pelaku teror untuk melancarkan aksinya.

NASIONAL | 5 Juni 2018

RAPBN 2019, Polri Usulkan Anggaran Rp 120 Triliun

Penambahan anggaran ditujukan untuk belanja modal dan belanja pegawai.

NASIONAL | 5 Juni 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS