Logo BeritaSatu

Freeport Kirim 9 Pemuda-Pemudi Papua Lanjutkan Studi ke AS

Rabu, 4 Juli 2018 | 22:24 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - Sebanyak sembilan pemuda dan pemudi asal Papua dan Papua Barat serta dua puluh peserta dari berbagai provinsi lain di Indonesia, siap diberangkatkan ke Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti program Community College Initiative (CCI) 2018 yang diselenggarakan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

Keberangkatan sembilan pemuda-pemudi Papua dan Papua Barat ini, didukung penuh oleh PT Freeport Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung program CCI melalui pendanaan sebesar US$ 1 juta untuk periode 2016 hingga 2020. Seluruh peserta, akan disebar ke-10 community college di berbagai negara bagian selama dua semester atau sekitar 10 bulan, untuk belajar dan berinteraksi dengan peserta lain dari berbagai negara serta masyarakat AS.

Senior Advisor to President Director PT Freeport Indonesia, Simon Morin, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja sama berkelanjutan antara Freeport dan AMINEF. Melalui kerja sama ini, pihaknya dapat melaksanakan komitmen mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Papua.

"Saya bertemu dengan beberapa pemuda dan pemudi Papua yang telah selesai mengikuti program ini. Mereka menyampaikan, program ini sangat bermanfaat dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperluas wawasan serta pengetahuan, serta memberikan pengalaman atas hal-hal baru yang selama ini tidak mereka dapatkan di Papua," tutur Simon, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Rabu (4/7).

Simon menjelaskan, dengan mengikuti program CCI, peserta program menjadi lebih percaya diri dan berpikiran lebih terbuka, lebih kreatif, dan disiplin dalam menjalankan pekerjaan.

"Hal tersebut, menjadi modal untuk menjadi lebih baik dan memberikan manfaat bagi komunitasnya, dan sejalan dengan tujuan Freeport untuk memajukan SDM Papua," jelasnya.

Salah satu penerima beasiswa asal Papua, Vicky Junaidi Meruwella, menyampaikan, kesempatan yang diberikan Freeport dan AMINEF ini sangat membahagiakan. Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana ini berharap, program beasiswa yang akan dijalaninya nanti akan memberikan manfaat bagi daerah asalnya.

"Saya akan belajar di Mesa Community College di Arizona, dan berharap dapat memperoleh ilmu yang banyak untuk nantinya bisa membantu mengembangkan SDM Papua. Papua punya banyak sumber daya alam, tapi SDM kami harus banyak diperbaiki. Semoga dengan belajar ke AS, kami bisa ikut memperbaiki Papua," ungkap Vicky.

Direktur Eksekutif AMINEF, Alan Feinstein, menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Freeport dalam program ini. Kolaborasi kedua pihak, berfokus pada beasiswa program CCI dan ditujukan kepada para peserta dari Papua dan Papua Barat yang memenuhi kriteria.

"Freeport selama ini telah menjadi salah satu pendukung utama program CCI, sehingga memungkinkan kami mengembangkan program CCI dan dapat memberangkatkan hingga 10 orang di setiap periode program dari dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat. Kami juga sangat berterima kasih karena Freeport juga sangat dermawan dan telah banyak membantu dalam keseluruhan program ini, mulai dari proses rekrutmen, seleksi, hingga orientasi pra keberangkatan," terang Alan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Amerika Serikat Sumbang Ukraina Rp 22,7 Triliun Per Bulan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) menyumbang US$ 1, 5 miliar (Rp 22,7 triliun) per bulan.

NEWS | 28 September 2022

Raja Salman Tunjuk Pangeran Mohammed Jadi PM Arab Saudi

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud memerintahkan pengangkatan Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai Perdana Menteri Arab Saudi

NEWS | 28 September 2022

Bali Targetkan 45.000 Hektare Pertanian Organik Akhir 2022

Gubernur Bali Wayan Coster menargetkan seluruh pertanian di wilayahnya mampu menggunakan sistem pertanian organik yang ramah terhadap lingkungan.

NEWS | 28 September 2022

Kapal Tenggelam di Bangladesh, 66 Orang Peziarah Tewas

Sejumlah 66 peziarah Hindu tewas setelah kapal tenggelam di Sungai Karatoa, Bangladesh

NEWS | 28 September 2022

BNPT RI Bersama Pemkab Morowali Resmikan KTN 7 Hektare

BNPT bekerja sama dengan Pemkab Morowali meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara di Desa Bahoea Reko-Reko sebagai sarana deradikalisasi.

NEWS | 28 September 2022

Polemik Tunjangan Profesi Guru, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

Salah satu pasal yang paling disoroti RUU Sisdiknas, yakni terkait hilangnya frasa tunjangan profesi guru (TPG) dari batang tubuh RUU Sisdiknas. 

NEWS | 28 September 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 27 September 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 27 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 27 September 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 27 September 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 27 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 27 September 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 27 September 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 27 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 27 September 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 27 September 2022

Berikut ini Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 27 September 2022 sesuai denan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Raja Salman Tunjuk Pangeran Mohammed Jadi PM Arab Saudi

Raja Salman Tunjuk Pangeran Mohammed Jadi PM Arab Saudi

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings