Pilkada Aman, Panglima: Bukti Kesuksesan Sinergi TNI dan Polri

Pilkada Aman, Panglima: Bukti Kesuksesan Sinergi TNI dan Polri
Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Antara)
Robertus Wardi / YUD Senin, 23 Juli 2018 | 17:28 WIB

Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengaku puas dengan pelaksanaan pilkada serentak 2018. Pasalnya pelaksanaan pilkada berjalan aman, lancar dan sukses. Dia menegaskan bahwa kesuksesan itu tidak terlepas dari kuatnya sinergitas antara TNI dan Polri. Kerja sama dan kekompakan TNI dan Polri ikut membawa pilkada berjalan lancar.

Hal itu disampaikan Hadi dalam acara Joy Sailing (berlayar gembira) dan Halal Bihalal bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Massa Nasional di atas KRI dr. Soeharso 990 di perairan Teluk Jakarta Utara, Senin (23/7). Rute pelayaran dimulai dari Dermaga Kolinlamil - Pulau Damar - Pulau Ayer Besar - Dermaga Kolinlamil.

Tema Joy Sailing adalah “Melalui Joy Sailing dan Halal Bihalal Kita Eratkan Kebersamaan TNI-Pemred Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Hadi mengaku pelaksanaan pilkada yang aman tidak terlepas dari peran media. Berita media yang berimbang dan berdasarkan fakta ‎ikut melancarkan pelaksanaan pilkada. Di sisi lain, penyebaran berita bohong atau hoax berkurang sehingga pelaksanaan pilkada tidak terlalu gaduh.

"Sinergi TNI dan Polri sudah terjamin. Ditambah sinergi TNI dan media. Berita hoax juga dapat dikelola. Sehingga hasilnya pilkada berjalan baik," ujar Hadi.

Dia menjamin sinergi TNI dan Porli akan terus diperkuat. Demikianpun dengan media masa. Sinergi itu menjadi mutlak diperlukan dan akan ditingkatkan lagi terutama dalam waktu dekat, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Setelah itu dilakukan KTT IMF tingkat internasional di Bali. Lalu masuk tahun 2019 yang merupakan tahun pemilu.

Khusus untuk Asian Games, dia mengingatkan ancaman serius yang akan terjadi adalah masalah kebakaran hutan. Pihaknya berjanji akan bekerja sekuat tenaga dengan meningkatkan sinergitas TNI dan Polri. Hal itu agar pelaksanaan Asian Games benar-benar sukses dan nama baik Indonesia bisa dijaga.

 



Sumber: Suara Pembaruan