Budi Gunawan Resmi Jadi Profesor Sekolah Intelijen

Budi Gunawan Resmi Jadi Profesor Sekolah Intelijen
Pengukuhan Jenderal (Purn) Budi Gunawan sebagai profesor. (Foto: B1/Farouk Arnaz)
Farouk Arnaz / AB Rabu, 8 Agustus 2018 | 11:33 WIB

Bogor - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan sedang berbahagia. Sehari setelah mendapat Bintang Bhayangkara Utama dari Presiden Joko Widodo, hari ini purnawirawan jenderal polisi itu resmi menyandang gelar profesor dalam bidang siber.

Pengukuhan gelar profesor itu dilakukan di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Budi resmi menjadi guru besar STIN berdasar surat keputusan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi (menristekdikti).

“Sidang senat hari ini digelar dalam rangka pengukuhan (Budi) sebagai guru besar. Beliau sangat layak untuk diusulkan sebagai guru besar STIN. Meski bukan berasal dari kalangan akademisi, tetapi tetap bisa menjadi guru besar,” kata Ketua Senat STIN, Brigjen TNI Dr Rer Pol Rodon Pedrason, Rabu (8/8).

Budi mempunyai rekam jejak akademis, yakni bergelar doktor (PhD) dan mengantongi 22 surat pendukung yang diberikan para profesor dan universitas dari dalam dan luar negeri. Dukungan itu, antara lain berasal dari pendiri STIN Jenderal (Pur) AM Hendropriyono, rektor Universitas Pertahanan, rektor ITB, Profesor Rhenald Kasali, dan Profesor Salim Said.

Selain pengukuhan Budi, dalam kesempatan itu juga digelar dies natalis STIN ke-15 dan wisuda 117 sarjana dan 39 mahasiswa pascasarjana STIN.

Sekitar 400 tamu menghadiri acara tersebut, di antaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Seskab Pramono Anung, Amien Rais, Menpupera Budi Karya Sumadi, Menaker Hanif Dhakiri, Wakapolri Komjen Syafruddin, Kepala BNN Komjen Heru Winarno, Amien Rais, pengusaha Hary Tanoesoedibjo, Dirut Bulog--yang juga besan Budi--Komjen (Pur) Budi Waseso, Ketua MUI Ma'ruf Amin dan ustaz Zaitun Rasmin. 

 



Sumber: BeritaSatu.com