Luhut Ajak Delegasi IMF-World Bank Berkontribusi untuk Palu
Logo BeritaSatu

Luhut Ajak Delegasi IMF-World Bank Berkontribusi untuk Palu

Sabtu, 6 Oktober 2018 | 12:04 WIB
Oleh : YUD

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada Jumat (5/10) bertolak dari Bali menuju Palu Sulawesi Tengah dan turut mengajak rombongan Secretary of the Fund and the International Monetary and Financial Committee IMF Jianhai Lin.

"Saya dengan Mr Jianhai datang untuk melihat dan kami bersama-sama membantu berikan sumbangan kepada pengungsi," kata Menko Luhut dalam perjalanan meninggalkan Palu dengan pesawat Hercules A-1341 milik TNI-AU, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (6/10). Empat lokasi di Palu yang dikunjungi adalah RSU Anutapura Palu, Perumnas Balaroa, Pegunungan Gawalise, dan Posko Bantuan di kantor Detasemen TNI-AU Mutiara Palu.

Luhut menegaskan bahwa penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali tidak membuat pemerintah abai menangani bencana di Sawesi Tengah.

Oleh karenanya, Luhut mengajak delegasi IMF dan World Bank (WB) untuk melihat upaya pemerintah Indonesia dalam pemulihan di Palu dan Donggala setelah diterpa bencana gempa bumi dan tsunami pada 28 September lalu.

"Yang di Bali itu saya ajak mereka dan kebetulan mereka sendiri mau. Hanya tadinya mereka 'nggak' tahu caranya bagaimana," ujar Luhut. Hal ini terbukti dengan hadirnya juga Country Director World Bank untuk Indonesia Rodrigo Chaves di Palu bersama rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menkopolhukam Wiranto di hari yang sama.

Seusai melihat kondisi daerah bencana khususnya di Perumnas Balaroa, Menko Luhut menyatakan simpatinya. Di sisi lain, ia juga bangga terhadap masyarakat yang percaya bahwa pemerintah akan datang memberikan bantuan.

Jumlah pengungsi di posko pengungsi Pegunungan Gawalise Kelurahan Duyu dilaporkan sebanyak 2.843 kepala keluarga, sedangkan di Posko Bantuan TNI-AU terdapat 577 jiwa.

Ada pun total bantuan yang diserahkan dalam tahap satu yakni 20 ton beras, 5.000 bungkus biskuit, 100.000 bungkus mie instan. Bantuan selanjutnya sedang dalam proses pengiriman dengan menggunakan kapal Baruna Jaya milik BPPT pada 3 Oktober lalu.

Selain bantuan pangan, warga pengungsi juga mengharapkan bantuan berupa fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK).

Menanggapi hal tersebut Menko Luhut mengupayakan untuk meminta partisipasi Kementerian ESDM yang menyediakan alat bor sumur untuk disumbangkan dan dukungan Detasemen Zeni Bangunan TNI (Denzibang) untuk instalasinya.

"Kami sedang usahakan tiga sumur bor di tiga titik yang mereka minta," ujar Luhut terhadap permintaan warga, selain juga mengidentifikasi daerah-daerah lain yang belum terjangkau bantuan.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

OTT Rembang, Polda Jateng Amankan Rp 21,2 Juta

Polda Jawa Tengah berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pegawai Dinas Perhubungan Rembang, Kamis (4/10).

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Bersama Elek Yo Band, Menko Puan Tampil di Konser untuk Palu dan Donggala

"Konser untuk Palu dan Donggala ini adalah contoh masyarakat dan pemerintah serta seniman bergotongroyong untuk membantu warga Palu dan Donggala."

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Ini Penyebab Banyak Kepala Daerah Korup

Masih banyaknya kepala daerah yang melakukan korupsi karena tidak maksimalnya peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah.

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Luhut Usulkan Pembangunan Pusat Logistik di Daerah Aman

Rencana pembangunan pusat logistik di daerah aman dimaksudkan sebagai solusi jangka panjang untuk pemulihan daerah terdampak bencana alam.

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Menko PMK Pimpin Rapat Tingkat Menteri Bahas Rehab Rekon Pasca Bencana Gempa Bumi NTB

Rehab rekon rumah penduduk, diharapkan dapat diselesaikan segera. Penyelesaian rehab rekon rumah penduduk dapat diselesaikan pada Maret 2019.

NASIONAL | 5 Oktober 2018

DPD Berjanji Tindak Lanjuti Hasil Audit BPK

"‎Ini menjadi perhatian DPD RI sebagai representasi daerah. Karena seluruh bentuk kerugian negara dan potensi kerugian harus mampu diminimalisir."

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Kiai Maruf: Danau Toba Itu Indah Sekali, Tak Ada Tandingannya

"Danau Toba itu indah sekali. Luar biasa. Tak ada tandingannya."

NASIONAL | 6 Oktober 2018

KPK Setor Rp 9 M dari Hasil Lelang 2 Aset Fuad Amin

Pelelangan ini lantaran perkara Fuad telah berkekuatan hukum tetap dan sebagai pengembalian uang negara.

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Pelamar Seleksi CPNS di Mukomuko Capai 1.500 Orang

Pemkab Kabupaten Mukomuko memperkirakan jumlah pelamar CPNS tahun 2018 bisa mencapai 4.500 orang.

NASIONAL | 6 Oktober 2018

Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar Segera Diadili

Penyidikan kasus Tulungagung dan Blitar untuk sejumlah tersangka telah selesai dilakukan.

NASIONAL | 6 Oktober 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS