DPR Janji Perjuangkan Nasib Guru Honorer

DPR Janji Perjuangkan Nasib Guru Honorer
Ilustrasi guru honorer menuntut perbaikan kesejahteraan. ( Foto: Antara )
Maria Fatima Bona / IDS Rabu, 10 Oktober 2018 | 14:30 WIB

Jakarta - Wakil Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengatakan, DPR berkomitmen untuk memperjuangkan hak guru honorer untuk mendapat kelayakan hidup. Bahkan, fraksi Partai Golkar menggelar seminar nasional dengan mendatangkan semua pihak terkait seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Keuangan (Kemkeu), dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pasalnya, persoalan honorer kategori 2 (K-2) ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemdikbud saja, tetapi juga kementerian terkait lainnya.

“Sudah beberapa kali kami berinsiatif untuk rapat gabungan menuntaskan masalah guru honorer dengan mengundang semua pihak terkait. Seperti Kemkeu ini karena mereka yang akan memperhitungkan dan menganalisa anggarannya,” kata politisi Partai Golkar ini pada Seminar Nasional tentang Kebijakan Penuntasan Honorer K2 Poksi Fraksi Golkar DPR RI, di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (9/10).

Ia juga menambahkan, dari hasil diskusi panjang, telah dicapai kesepakatan. Sebagai solusi terhadap persoalan guru honorer K-2, pemerintah dan DPR sepakat membuka kesempatan mereka untuk mengikuti tes CPNS, seleksi P3K, dan melanjutkan guru honorer untuk sekolah dengan pendapatan setara UMR.

Adanya tiga skema penyelesaian guru honorer tersebut menurut Hetifah merupakan komitmen yang baik dari pemerintah yang perlu dikawal. Untuk skema P3K, DPR akan ikut mengawasi PP yang sedang digodok pemerintah sehingga tidak merugikan guru honorer.



Sumber: Suara Pembaruan