RI Penyumbang Sampah Plastik Kedua Terbesar Dunia
Logo BeritaSatu

RI Penyumbang Sampah Plastik Kedua Terbesar Dunia

Minggu, 28 Oktober 2018 | 09:10 WIB
Oleh : I Nyoman Mardika / WBP

Kuta, Bali - Manteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, Indonesia adalah negara penyumbang terbesar sampah plastik nomor dua di dunia setelah Tiongkok. Karena itu, perlu ada gerakan nyata untuk memerangi sampah plastik.

“Apa kalian tidak malu kalau negara kita ini ternyata penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua di dunia. Kalau tidak ingin malu, mari kita bersama-sama memerangin sampah plastik,” kata Susi yang didampingi Mentri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Mersudi dan Wakil Gubernur Bali Tjokorde Ardana Sukawati di Kuta, Minggu (28/10).

Ajakan Susi dan Retno untuk memerangi sampah plastik berlangsung di pantai Kuta, Bali bertepatan dengan perayaan Sumpah Pemuda dan Our Ocean Conference (OCC) 2018. Susi mengajak masyarakat Bali menjadi pelopor gerakan aksi bersih-bersih memungut sampah plastik di sepanjang pantai Kuta. Acara Beach Clean Up ini digelar di 11 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Susi mengatakan, pihaknya sangat prihatin karena sampah plastik di Indonesia semakin banyak apalagi sebagian besar dibuang ke laut. “Saya khawatir nelayan yang mencari ikan bukannya memperoleh ikan, melainkan sampah plastik,” tegas Susi.

Menteri Susi menilai, banyaknya sampah plastik karena kurang kesadaran warga. “Bayangkan saja sekarang ibu-ibu ke pasar beli 1 ons saja pakai tas kresek (plastik), padahal masyarakat kita dulu tidak seperti itu dan tidak mesti sedikit-sedikit pakai plastik,” katanya.

Sebelumnya Menlu Retno mengatakan, Indonesia didaulat menjadi negara pertama di Asia yang melaksanakan OOC di Bali Nusa Dua Convention Center, 29-30 Oktober 2018. Ajang ini dinilai penting bagi pemerintah karena Indonesia telah diperhitungkan sebagai negara yang aktif memperjuangkan isu kedaulatan dan hak laut baik melalui diplomasi maritim maupun kebijakan dalam negeri.

Menlu Retno mengatakan, dalam OOC yang mengusung tema “Our Ocean, Our Legacy”, Indonesia mengharapkan komitmen konkret berbagai sektor dapat mengedepankan prinsip keberlanjutan sumber daya dan kesehatan laut sebagai warisan bagi anak cucu dan generasi mendatang dengan parameter terukur.

“Kita berusaha bertindak dan berusaha konkret, sehingga pada saat kita melakukan konferensi yang ada adalah komitmen. Komitmen konkret negara-negara peserta bagaimana memajukan ocean, bagaimana melindungi ocean. Jadi sekali lagi, another keywords dalam komitmen konkret,” terang Menteri Retno.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jokowi Sebut Pembangunan SDM Jadi Prioritas

Presiden Jokowi mengatakan, melihat kemajuan saat ini, pemuda Indonesia akan dapat berkompetisi dan memiliki daya saing di tingkat global.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

Tempuh 1.050 Km, Komunitas Fortuner Bantu Korban Gempa NTB

Tidak hanya di Desa Sembalun, rombongan juga memberikan bantuan di Desa Sugihan, Lombok Timur.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

Pentas Budaya di Taman Indonesia Kaya Semarang Hadirkan Butet

Pementasan itu mengambil bentuk dan spirit teater rakyat.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

Nonton Megadeth, Ganjar Harap Jogjarockarta Hadirkan Deep Purple

God Bless menjadi satu-satunya legenda hidup musik rock Tanah Air.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

Jokowi Lepas Kirab Santri di Sidoarjo

Kirab Santri & Jalan Sehat Sahabat Santri dalam rangka Hari Santri Nasional dan Hari Sumpah Pemuda.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

Jelang OOC 2018, Duet Menteri Susi dan Menteri Retno Ajak Bersih Pantai

KKP dan Kementerian Luar Negeri sepakat melawan sampah plastik yang masuk ke laut.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

1.335 Prajurit Kogasgabpad TNI Ditarik dari Sulteng

Ketika masyarakat yang tertimpa bencana tidak berdaya, prajurit TNI hadir untuk menolong mereka dan memulihkan keadaan.

NASIONAL | 28 Oktober 2018

Jahe untuk Masyarakat Prasejahtera

Jahe memang komoditas yang tidak perlu dikuatirkan dalam pemasaran. Industri terkait jahe juga beragam, tidak hanya jamu dan obat-obatan tradisional.

NASIONAL | 27 Oktober 2018

Politikus PKB Ini Yakin Kasus Bendera Tak Akan Bisa Dipolitisasi

Maman Imanulhaq menyatakan, pihaknya yakin bahwa upaya menyeret kasus pembakaran bendera di Garut ke arah politis, takkan berhasil.

NASIONAL | 26 Oktober 2018

Peringati Sumpah Pemuda, Almisbat Gelar Kompetisi Futsal se-Jabodetabek

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 90, Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar kompetisi Futsal se-Jabodetabek

NASIONAL | 27 Oktober 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS