Banjir di Kota Jambi Semakin Parah
Logo BeritaSatu

Banjir di Kota Jambi Semakin Parah

Selasa, 4 Desember 2018 | 17:31 WIB
Oleh : Radesman Saragih / FMB

Jambi - Warga Kota Jambi yang bermukim di dataran rendah dan sekitar sungai mengeluhkan semakin seringnya banjir melanda permukiman mereka. Banjir akibat luapan sungai selalu menerjang rumah warga setiap hujan lebat turun akibat semakin parahnya pendangkalan sungai.

“Banjir yang melanda permukiman kami ini sejak Senin (3/12) malam hingga Selasa (4/12) subuh akibat meluapnya sungai yang melintasi permukiman. Sungai cepat meluap setiap hujan lebat karena pendangkalan sungai yang kian parah. Banjir seperti ini semakin sering terjadi di permukiman ini. Namun belum ada solusi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mengatasi masalah banjir ini,”kata Rahman (45), warga perumahan Kembar Lestari II, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi kepada SP di Kota Jambi, Selasa (4/12).

Menurut Rahman, Perumahan Kembar Lestari I dan II Kota Jambi sudah menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Permukiman yang dihuni ribuan kepala keluarga tersebut sudah beberapa kali diterjang banjir sejak tahun lalu. Banjir di permukiman dataran rendah itu belakangan semakin cepat terjadi setiap hujan turun dan semakin lama surut. Selain itu ketinggian banjir di permukiman padat penduduk tersebut juga cenedrung semakin tinggi. Hal tersebut diduga dipengaruhi pembangunan drainase tertutup di kawasan dataran tinggi di kota itu.

“Pembangunan drainase tertutup di dataran tinggi Kota Jambi membuat air hujan cepat mengalir ke dataran rendah seperti perumahan Kembar Lestari ini. Sementara sungai kecil di tengah perumahan ini tidak mampu menampung aliran air dari dataran tinggi. Akibatnya luapan sungai menggenangi permukiman warga. Ketinggian banjir yang menggenangi rumah warga seperti terjadi Selasa subuh mencapai 1,5 meter. Banjir baru surut Selasa pagi,”ujarnya.

Perumahan Namura Indah, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi juga menjadi langganan banjir di Kota Jambi. Sedikitnya 100 rumah warga di perumahan dataran rendah itu diterjang banjir menyusul hujan lebat yang melanda Kota Jambi, Senin (3/12) sore.

“Banjir yang melanda permukiman kami cepat terjadi dan lama surutnya. Banjir terjadi mulai Senin pukul 19.00 WIB dan baru surut Selasa pukul 05,00 WIB. Banjir berasal dari luapan sungai kecil yang berada di tengah permukiman. Tahun lalu juga terjadi dua kali banjir seperti ini. Namun pemerintah belum ada solusi mengatasi banjir rutin yang semakin sering terjadi ini,”kata Rasyid (35), wara Perumahan Namura, Alam Barajo, Kota Jambi.

Sementara itu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II, Kota Jambi yang berada di dataran rendah juga semakin sering dilanda banjir. Selama dua pekan terakhir, lapas yang berada di Jalan Pattimura, Kota Jambi itu sudah dua kali diterjang banjir. Banjir menggenangi tujuh ruang tahanan di lapas tersebut Senin (3/12) malam hingga Selasa (4/12) subuh. Banjir sempat membuat para narapidana berteriak-teriak minta tolong. Namun banjir cepat surut, sehingga para napi tidak sampai dievakuasi.

“Lapas ini memang sering dilanda banjir akibat meluapnya sungai yang mengalir di samping lapas. Sungai tersebut meluap karena derasnya aliran air dari jalan dan dataran tinggi ke sungai di samping lapas. Tahun lalu bahkan banjir menyebabkan dinding lapas jebol, sehingga banyak napi kabur,” kata Yusaloh, petugas Lapas Kelas II, Kota Jambi.

Pengerukan Sungai
Sementara itu menurut catatan SP, pengerukan sungai di sekitar Perumahan Namura, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi sudah pernah dilakukan ketika perumahan tersebut dilanda banjir Juni 2017. Namun pengerukan sungai itu terhenti. Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi hingga kini tidak melakukan pengerukan sungai di perumahan yang menjadi langganan banjir itu.

Pantauan SP di Perumahan Namura dan Kembar Lestari, Kota Jambi, Selasa (4/12) sungai yang membelah perumahan tersebut semakin dangkal dan menyempit akibat tanah, sampah dan semak belukar. Sungai di tengah perumahan sebagian sudah ditembok namun tidak digali, sehingga tidak mampu menampung luapan air hujan.

Data Korban
Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi hingga Selasa masih melakukan pendataan warga yangmenjadi korban banjir di tujuh permukimam penduduk di Kota Jambi. Pendataan dilakukan guna mendistribusikan bantuan pangan dan obat-obatan. Selain ituBPBD Jambi juga menyiapkan beberapa lokasi pengungsian mengantisipasi terjadinya banjir susulan di Kota Jambi.

“Kami masih terus melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya terendam banjir Senin – Selasa untuk menyalurkan bantuan. Sebagian warga belum dapat bantuan karena mereka sempat mengungsi ke rumah keluarga. Hari ini, Selasa, warga yang rumahnya terendam banjir sudah banyak yang kembali karena banjir sudah surut,”kata Kepala BPBD Jambi, Bachyuni Deliansyah di KotaJambi, Selasa (4/12).

Menurut Bachyuni, banjir akibat hujan lebat dan luapan sungai di Kota Jambi Senon malam hingga Selasa subuh terjadi di beberapalokasi, yakni di Perumahan Kembar Lestari, Perumahan Namura, Lapas Jambi dan Simpang Bangunan Bawah, Telanaipura, Kota Jambi.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi, Farti Suandri mengatakan, perbaikan dan pembangunan drainase di Kota Jambi tahun ini dilakukan di 11 kecamatan. Perbaikan dan pembangunan drainase diutamakan di wilayah-wilayah rawan banjir.

Dijelaskan, dana yang disiapkan dalam APBD Kota Jambi memperbaiki dan membangun drainase mencapai Rp 20 miliar. Selain itu, Dinas PUPR Provinsi Jambi juga mengalokasikan dana perbaikan dan pembangunan drainase sekitar Rp 9,5 miliar. Sedangkan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV Jambi juga mengalokasikan dana perbaikan dan pembangunan drainase di Kota Jambi sekitar Rp 170 miliar.

“Sesuai dengan dana yang tersedia tersebut, sebagian besar drainase yang rusak dan tidak berfungsi di Kota Jambi bisa diperbaiki akhir tahun ini. Namun untuk pengerukan sungai belum diprogramkan,”katanya.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menteri PUPR: Setiap Proyek di Papua Dijaga Aparat Keamanan

Basuki menyatakan setiap proyek di Papua selalu didampingi dan mendapatkan rekomendasi dari TNI-Polri.

NASIONAL | 4 Desember 2018

Mentan Dorong Mahasiswa Sukseskan Program Pertanian

"Buat saya 64 persen ini kemajuan yang luar biasa. Artinya apa, artinya ada gerakan masif seluruh remaja indonesia yang makin mencintai sektor pertanian."

NASIONAL | 4 Desember 2018

Ikatan Pesantren Indonesia Kutuk Pembunuhan 31 Orang Pekerja di Nduga

Ketum IPI meminta kepada pemerintah untuk membasmi KKB bila mereka tidak mau menyerah.

NASIONAL | 4 Desember 2018

Presiden Jokowi Akui Masih Ada Gangguan Keamanan di Papua

Insiden penembakan 31 pekerja Trans Papua, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah tidak akan takut dan pembangunan infrastruktur di Papua terus dilanjutkan.

NASIONAL | 4 Desember 2018

TNI-Polri Bergerak Menuju Lokasi Pembunuhan 31 Pekerja di Distrik Yigi

Tim gabungan dari TNI-Polri bergerak menuju lokasi pembunuhan 31 pekerja di Distrik Yigi, Papua untuk mengevakuasi korban.

NASIONAL | 4 Desember 2018

TKN Jokowi-Ma'ruf Minta Aparat Segera Tangkap Pelaku Pembunuhan Pekerja di Nduga

Presiden terus berkomitmen membangun Papua, seberat apapun tantangan yang dihadapi ke depan.

NASIONAL | 4 Desember 2018

PKS: Pelaku Pembunuhan di Nduga Harus Ditindak Tegas

Negara, lanjut Jazuli, tidak boleh kalah melawan aksi-aksi terorisme seperti mereka apalagi korbannya jelas-jelas warga sipil yang tidak bersalah.

NASIONAL | 4 Desember 2018

Kasus Kemah Pemuda, Polisi Bakal Tetapkan Tersangka

"Kita sudah memiliki dua alat bukti yang cukup dari kepolisian."

NASIONAL | 4 Desember 2018

31 Pekerja Trans Papua Dibunuh, Menteri PUPR: Tak Ada yang Menolak Proyek Ini

Proyek pengerjaan jembatan di lokasi penembakan di Kabupaten Nduga, dihentikan untuk sementara.

NASIONAL | 4 Desember 2018

Komisi I DPR: Kelompok Kriminal Bersenjata Itu Teroris

"Kita cinta NKRI. Kita ingin bangsa ini tetap utuh. Kita tidak ingin bangsa ini terkoyak oleh gerakan bersenjata apapun termasuk teroris dan separatis."

NASIONAL | 4 Desember 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS