Rakyat Papua Butuh Pendekatan Terpadu dari Pemerintah

Rakyat Papua Butuh Pendekatan Terpadu dari Pemerintah
Letjen (Purn) Kiki Syahnakri.
Yeremia Sukoyo / AO Jumat, 7 Desember 2018 | 11:45 WIB

Jakarta - Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen Purn Kiki Syahnakri mengatakan, permasalahan kekerasan yang terus terjadi di Papua membutuhkan penanganan secara terpadu oleh semua pihak. Pemerintah harus menggunakan prinsip memenangkan hati dan pikiran masyarakat Papua.

"Mengingat akar masalahnya adalah keadilan sosial, maka kami mendorong pemerintah untuk menangani masalah Papua secara terpadu. Itu dilakukan oleh semua pemangku kepentingan. Filosoti yang secara prinsip harus dipegang adalah memenangkan hati dan pikiran warga Papua," kata Kiki di Jakarta, Jumat (7/12).

Menurutnya, saat ini yang perlu menjadi perhatian bersama adalah kehadiran Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang sekarang sudah menjadi United Liberation Movement for West Papua (ULMFWP). Semula, masalah di Papua dilatari oleh persoalan keadilan sosial yang belum baik.

Kondisi itu kemudian bergulir tidak terkendalikan oleh pemerintah pusat, sehingga kini sudah sampai pada kompleksitas masalah yang rumit. "Kondisi di Papua sudah menjadi isu internasional, terutama dengan kehadiran dan aksi-aksi gerombolan separatis bersenjata, serta campur tangan pihak asing," kata Kiki.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE