YH

Ini Daftar Kota Paling Toleran Versi Setara Institute

Ini Daftar Kota Paling Toleran Versi Setara Institute
Hendardi. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / YUD Jumat, 7 Desember 2018 | 17:53 WIB

Jakarta - Setara Institute melakukan kajian dan index‎ing terhadap 94 kota di Tanah Air dalam hal promosi dan praktik toleransi. Hasilnya Singkawang sebagai paling toleran di republik ini. Singkawang meraih skor 6,513. Kota ini mengalahkan Salatiga yang berada di peringkat kedua dengan skor 6,477. Peringkat ketiga diraih kota Pematang Siantar dengan skor 6,280.

Hal itu disampaikan Ketua Setara Institute Hendardi dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kota Toleran 2018‎ di Jakarta, Jumat (7/12).

Ia menjelaskan pemilihan kota paling toleran didasarkan pada empat kriteria. Pertama, pemerintah kota memiliki regulasi yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi, baik dalam bentuk perencanaan maupun pelaksanaan. Kedua, pernyataan dan tindakan aparatur pemerintah kota kondusif bagi praktik dan promosi toleransi. Ketiga, tingkat peristiwa dan tindakan pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan rendah atau tidak ada sama sekali. Keempat, kota yang menunjukkan upaya yang cukup dalam tata keloa keberagaman indentitas keagamaan warganya.

“Pemilihan kota toleran juga berdasarkan praktik kebebasan beragama, kesetaraan gender, dan inklusi sosial dijamin dan dilindungi melalui regulasi dan tindakan,” kata Hendardi.

Menurutnya, indeks kota toleran memeriksa tindakan positif pemerintah kota dalam mempraktikkan dan mempromosikan toleransi, baik yang tertuang dalam kebijakan, pernyataan resmi, respon atas peristiwa maupuan budaya toleransi di masyarakat. Ada tiga indikator dalam mengukur kebebasan beragama atau derajat toleransi. Pertama, favoritisme atau pengistimewaan pemerintah terhadap kelompok-kelompok agama tertentu. Kedua, pengaturan pemerintah yang membatasi kebebasan beragama. Ketiga, regulasi sosial yang membatasi kebebasan beragama.

"Dengan toleransi, kita mudah hidup harmonis ditengah aneka keragaman. Toleransi memberikan penguatan bahwa keragamana agama, bahasa, budaya, etnisitas lainnya merupakan kekayaan bersama. Kebhinekaan menyatukan kita, bukan menceraiberaikan," ujar Hendardi.

Kota-kota lain yang meraih peringkat paling toleran adalah Manado peringkat empat dengan skor 6,030, Ambon (5,960), Bekasi (5,890), Kupang (5,857), Tomohon (5,833), Binjai (5,830) dan Surabaya (5,823).



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE