NTB Kerja Sama dengan Polandia

NTB Kerja Sama dengan Polandia
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah saat memberikan kain tradisional khas NTB kepada Marshal Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Piotr Calbeki, di Kota Lama Torun, Polandia, Jumat (7/12/2018). ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Sabtu, 8 Desember 2018 | 13:42 WIB

Jakarta- Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dan investasi dengan Pemerintah Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Polandia.

Selain itu, turut didiskusikan pula beberapa sektor lain yang bisa dilakukan kerja sama antara NTB dan Kujawsko-Pomorskie.

Demikian terungkap dalam pertemuan antara Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Marshal Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Piotr Calecki, di Kota Lama Torun, Polandia, Jumat (7/12).

"Ini pertemuan pertama kali, tetapi membuka optimisme saya bahwa langkah selanjutnya begitu lebar dan nyata. NTB memiliki banyak potensi sebagaimana Polandia, khususnya Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai dari destinasi wisata desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok dan Sumbawa, hingga sektor pertanian dan bioenergi. Semoga segera terealisasi kolaborasi konkret antara NTB dengan provinsi Kujawsko-Pomorskie,” ujar Gubernur Zul.

Zul menyebutkan, pengiriman beasiswa putra putri NTB ke Torun juga menjadi materi pembicaraan utama. “Salah satu kampus yang menjadi tujuan utama kami mengirimkan putra-putri NTB adalah Nivolaus Copernicus University di Kota Torun,” kata Zul, dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini, program beasiswa mahasiswa S2 Provinsi NTB telah memberangkatkan 18 awardee ke Collegium Civitas of Warsawa dan Vistula University of Warsawa dari Oktober hingga November 2018.

Pada Februari 2019, akan diberangkatkan lagi 200 mahasiswa-mahasiswi NTB ke Vistula University of Warsawa, sebagaimana yang telah disepakati dengan Chancellor Vistula University of Warsawa, Zdzislaw Rappacki, 15 November 2018 lalu.

Marshal Piotr Calbecki mengungkapkan, diskusi yang ia lakukan dengan Pemprov NTB akan membuka beragam peluang kerja sama ataupun kolaborasi antara dua provinsi di beragam sektor bisnis dan industri, termasuk juga pendidikan.

"Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai para pemimpin masa depan Indonesia di kampus kebanggaan kami,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, istri Gubernur yang sekaligus Ketua TP PKK Pemprov NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah menyebutkan, persoalan pembangunan kapasitas dan kualitas manusia, termasuk partisipasi perempuan di berbagai sektor merupakan hal yang terus ditingkatkan di NTB, terutama di pendidikan, kesehatan dan bahkan sosial politik.



Sumber: Suara Pembaruan