Kemhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut
Logo BeritaSatu

Kemhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Senin, 10 Desember 2018 | 09:23 WIB
Oleh : YUD

Jakarta - Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi end to end yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau wilayah tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan (T3P). Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemhub Capt. Wisnu Handoko melalui keterangan tertulis, Senin (10/12), menjelaskan bahwa konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi end to end untuk wilayah T3P akan diterapkan di 2019.

Capt. Wisnu mengatakan bahwa untuk keberhasilan konsep tersebut agar bisa diimplementasikan ke wilayah T3P diperlukan terobosan salah satunya adalah inovasi media pengangkutan yaitu mini kontainer (MiniCont).

"MiniCont merupakan salah satu solusi bagi dunia logistik yang memiliki banyak keunggulan khususnya untuk negara kepulauan seperti Indonesia ini," ujar Capt. Wisnu. Menurut dia, untuk di Surabaya, konsep tol Iaut sendiri dimulai dengan kapal utama dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dengan kapasitas muatan kontainer sampai dengan 300 Teus, berangkat menuju Hub Port seperti Batam, Bitung/Tahuna, Kupang, Saumlaki dan Biak.

Setelah tiba di Hub port, muatan kemudian dipindah ke kapal pengumpan (KM Kendhaga Nusantara) dengan kapasitas 100 Teus menuju ke pelabuhan pengumpan regional.

Selanjutnya muatan maksimal 20 boks diangkut ke kapal perintis (KM Sabuk Nusantara) menuju pelabuhan pengumpan lokal . Kapal perintis merupakan kapal kecil dengan bobot 2.000 GT sehingga sangat cocok dengan karakteristik MiniCont yang berukuran sekitar tujuh kaki. Kemudian MiniCont diangkut oleh kapal LCT 50 GT dan Pelra 35 GT untuk dikirim ke pulau-pulau terpencil seperti wilayah Miangas Kakorotan, Sanana, Bovendigul, Membramo dan lain-lain.

"Dengan dimensi dan karakteristik MiniCont, saya optimis bahwa program tol Iaut dapat berjalan dengan baik untuk menjangkau daerah T3P di seluruh penjuru Indonesia," jelasnya. Karena itu, Ia berharap agar PT. PMS sebagai produsen MiniCont, dapat menyelesaikan pembuatan MiniCont mengingat MiniCont diharapkan dapat mengatasi permasalahan logistik sebagai solusi yang cepat dan praktis dengan penyederhanaan alat angkut untuk memotong jalur distribusi serta dapat menjangkau ke seluruh penjuru nusantara.

Capt. Wisnu menambahkan bahwa keberhasilan konektivitas end to end program tol laut selain didukung oleh angkutan laut perintis dan Pelra juga perlu didukung oleh angkutan udara perintis, angkutan penyeberangan perintis dan angkutan jalan raya cargo perintis.

"Dengan demikian, semoga di tahun 2019, penyelenggaraan tol laut dapat terus memberikan hasil positif berupa adanya penurunan disparitas harga antara wilayah Barat Indonesia dengan wilayah Timur Indonesia.

Untuk itu, saya mengajak semua kementerian dan lembaga serta stakeholder terkait bersama-sama memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan tol laut yang lebih baik lagi," katanya.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Cek Lintas Rawan Bencana

Divre IV KAI telah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS).

NASIONAL | 10 Desember 2018

Gunung Anak Krakatau Alami 31 Letusan Kegempaan

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami 31 kali letusan kegempaan, Minggu (9/12) hingga Senin (10/12).

NASIONAL | 10 Desember 2018

Tol Bakauheni-Kotabaru Siap Digunakan

Ruas Tol Bakauheni-Kotabaru akan dibuka secara resmi pada 22 Desember 2018 mendatang.

NASIONAL | 10 Desember 2018

ICW: Pengendalian Gratifikasi Belum Dilakukan Maksimal

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pengendalian gratifikasi saat ini belum dilakukan secara maksimal. Masih ada praktik gratifikasi yang mengkhawatirkan.

NASIONAL | 9 Desember 2018

Satgas Saber Pungli Dalami Dugaan Pungli di Kabupaten Tangerang

Satgas Saber Pungli terus mendalami pihak-pihak yang terindikasi melakukan pungli dan merugikan masyarakat.

NASIONAL | 9 Desember 2018

Perlu Kerja Sama Semua Pihak untuk Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Puslitbang Hutan KLHK juga sedang mengembangkan aplikasi fungi mikroriza untuk meningkatkan persentase hidup tanaman di lahan gambut.

NASIONAL | 9 Desember 2018

Caleg PDI-P Galang Relawan demi Pileg dan Pilpres

Kader PDI-P yang menjadi calon anggota legislatif terus bergerak menghimpun dukungan

NASIONAL | 9 Desember 2018

Pengejaran Pelaku Pembantaian Pekerja di Papua Masih Nihil

Beratnya medan dan hutan lebat membuat pengejaran tidak bisa maksimal dilakukan.

NASIONAL | 9 Desember 2018

Conservatory of Music UPH Hadirkan Christmas Flash Mob 2018

Kegiatan Christmas Flash Mob melibatkan banyak orang dengan konsep spontan

NASIONAL | 9 Desember 2018

Gaya Jokowi Senam Tera Bersama Puluhan Ribu Peserta

Presiden Joko Widodo mengikuti senam tera bersama 20 ribu terawan dan terawati seluruh Indonesia di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Ahad (9/12).

NASIONAL | 9 Desember 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS