Pekan Depan, Adik Zulkifli Hasan Mulai Diadili
Logo BeritaSatu

Pekan Depan, Adik Zulkifli Hasan Mulai Diadili

Senin, 10 Desember 2018 | 10:49 WIB
Oleh : Fana Suparman / YUD

Jakarta - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima penetapan Pengadilan Negeri Lampung terkait jadwal persidangan Bupati nonaktif Lampung Selatan, Zainudin Hasan. Adik dari Ketua MPR sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu bakal menjalani sidang perdana pada Senin (17/12) mendatang.

"JPU KPK telah menerima penetapan PN Lampung. Persidangan untuk terdakwa Zainudin Hasan, Bupati Lampung Selatan dijadwalkan Senin, 17 Desember 2018 di Pengadilan Tipikor pada PN Lampung," kata Jubir KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat, Senin (10/12).

Diketahui, Jaksa KPK telah melimpahkan berkas perkara dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Zainudin Hasan pada Jumat (23/11) lalu. Tak hanya itu, KPK juga sudah memindahkan penahanan Zainudin ke Lapas Klas I Lampung untuk proses persidangan ini.

Dalam persidangan ini, Zainudin bakal menghadapi empat dakwaan secara kumulatif, yakni suap, konflik kepentingan dalam pengadaan, gratifikasi dan pencucian uang. Empat dakwaan tersebut digabung dalam satu berkas.

"ZH (Zainudin Hasan) akan didakwa secara kumulatif melakukan suap, konflik kepentingan dalam pengadaan, gratifikasi dan pencucian uang," katanya.

Dalam surat dakwaan tersebut, Jaksa bakal membeberkan suap dan gratifikasi yang diterima Zainudin. Secara total, Zainudin diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai mencapai Rp100 miliar dari sejumlah pihak selama menjabat. Sebagian dari suap dan gratifikasi tersebut telah diubah Zainudin menjadi aset atas nama pihak lain ataupun diri sendiri.

"Secara total, Zainudin diduga telah menerima suap dan gratifikasi dari sejumlah pihak selama menjabat mencapai Rp100 miliar. dan sebagian diantaranya diubah menjadi aset atas nama pihak lain ataupun diri sendiri," paparnya.

Diketahui, KPK menetapkan Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan yang merupakan adik Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemkab Lampung Tengah. Tak hanya Zainudin, status tersangka juga disematkan KPK terhadap pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan; anggota DPRD Provinsi Lampung, Agus Bhakti Nugroho; dan Kadis PUPR Pemkab Lampung Selatan, Anjar Asmara.

Zainudin, Agus dan Anjar diduga menerima suap sebesar Rp 600 juta. Diduga suap ini terkait dengan sejumlah proyek barang dan jasa di lingkungan Pemkab Lampung Selatan yang digarap Gilang.

Dalam pengembangan penyidikan kasus ini, KPK menetapkan Zainudin sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang. Zainudin Hasan diduga telah menerima fee dari sejumlah proyek sebesar Rp57 miliar melalui Anggota DPRD Lampung, Agus Bhakti Nugraha. Uang tersebut berasal dari sejumlah proyek pada Dinas PUPR.

Diduga, Zainudin melalui Agus Bhakti membelanjakan uang dari suap tersebut untuk membeli aset berupa tanah dan bangunan serta kendaraan dengan mengatasnamakan keluarganya.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Presiden Buka Konvensi Nasional Humas 2018

residen Joko Widodo membuka Konvensi Nasional Humas 2018 di Istana Negara Jakarta, Senin, yang berlangsung 10-11 Desember 2018 di Djakarta Theater XXI.

NASIONAL | 10 Desember 2018

Banyak Kepala Daerah Terlibat Korupsi, Sandiaga Uno: Biaya Politik Mahal

Sandiaga Uno menanggapi biaya politik mahal yang menyebabkan banyaknya kepala daerah yang korupsi

NASIONAL | 10 Desember 2018

Strategi Pilpres, ARJ Targetkan Bangun 1 Juta Posko di Seluruh Indonesia

Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) menargetkan bangun 1 juta posko pemenangan Jokowi-Ma'ruf di seluruh Indonesia

NASIONAL | 10 Desember 2018

Menhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2019

NASIONAL | 10 Desember 2018

Kemhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi end to end yang menghubungkan antarwilayah.

NASIONAL | 10 Desember 2018

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Cek Lintas Rawan Bencana

Divre IV KAI telah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS).

NASIONAL | 10 Desember 2018

Gunung Anak Krakatau Alami 31 Letusan Kegempaan

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami 31 kali letusan kegempaan, Minggu (9/12) hingga Senin (10/12).

NASIONAL | 10 Desember 2018

Tol Bakauheni-Kotabaru Siap Digunakan

Ruas Tol Bakauheni-Kotabaru akan dibuka secara resmi pada 22 Desember 2018 mendatang.

NASIONAL | 10 Desember 2018

ICW: Pengendalian Gratifikasi Belum Dilakukan Maksimal

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pengendalian gratifikasi saat ini belum dilakukan secara maksimal. Masih ada praktik gratifikasi yang mengkhawatirkan.

NASIONAL | 9 Desember 2018

Satgas Saber Pungli Dalami Dugaan Pungli di Kabupaten Tangerang

Satgas Saber Pungli terus mendalami pihak-pihak yang terindikasi melakukan pungli dan merugikan masyarakat.

NASIONAL | 9 Desember 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS