Warga Pulau Mansinam Manokwari Butuh Jembatan

Warga Pulau Mansinam Manokwari Butuh Jembatan
Belum ada infrastruktur penghubung dari Mansinam menuju Manokwari sehingga warga harus menggunakan perahu. ( Foto: Beritasatu TV )
Zumrotul Muslimin / ZTM Rabu, 12 Desember 2018 | 19:59 WIB

Manokwari - Pulau Mansinam dikenal sebagai lokasi wisata religi yang berjarak enam kilometer dari Kota Manokwari, Papua Barat. Namun sayang, hingga kini belum ada infrastruktur penghubung dari Mansinam menuju Manokwari.

Masyarakat di Pulau Mansinam yang ingin menyeberang ke Kota Manokwari atau sebaliknya biasanya harus menyewa jasa perahu mesin yang dikelola warga di pesisir Teluk Doreri.

Kondisi serupa harus dihadapi anak sekolah yang rata-rata menuntut ilmu di Kota Manokwari. Untuk sekali menyeberang, mereka harus membayar Rp 5000. Belum ditambah biaya transposrtasi untuk mencapai lokasi tujuan dari dermaga ke Kota Manokwari.

Melihat kondisi ini, Babinkantibmas Polda Papua Barat menyediakan satu perahu untuk membantu penyeberangan warga khususnya siswa-siswi yang bersekolah ke Manokwari. Bantuan penyeberangan diberikan gratis setiap hari pukul 06.00, 08.00, dan 12.00 WIT.

“Merasa terbantu, semoga Polri bisa bantu kami dengan perahu yang besar supaya semua naik sama-sama dan tidak ada yang terlambat lagi,” kata seorang pelajar bernama Mariche.

“Berterima kasih pada polisi yang sudah membantu kami punya anak-anak untuk akses dalam pendidikan. Namun perahu yang dipakai sedikit kecil dan tidak mencukupi karena anak-anak banyak,” kata Kepala Desa Mansinam Zakues.

Kurangnya armada membuat para siswa harus antre sehingga tak jarang mereka terlambat sekolah. Mereka berharap adanya penambahan perahu agar lebih memudahkan akses warga untuk menyeberang.

Selain penambahan armada, pembangunan infrastruktur seperti jembatan dapat menjadi opsi yang patut diperhatikan pemerintah untuk warga Manokwari. Sebab infrastruktur mempermudah akses atau mobilitas warga tanpa terbebani biaya yang mahal.

Lihat video:



Sumber: BeritaSatu TV