Landasan Licin dan Terbatas Jadi Penyebab Pesawat Tergelincir di Kesanoweja

Landasan Licin dan Terbatas Jadi Penyebab Pesawat Tergelincir di Kesanoweja
Sebuah pesawat berpenumpang tujuh orang, Alfa Trans tergelincir di Bandara Kasonaweja, Mamberamo Raya, Papua. Pesawat tergelincir hingga ke luar jalur landasan.
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 12 Desember 2018 | 20:13 WIB

Mamberamo Raya - Pesawat jenis Twin Otter dengan nomor pesawat PK-ASE milik maskapai penerbangan Alfa Trans Dirgantara tergelincir dan nyaris masuk jurang saat mendarat di lapangan terbang Kesanoweja, Kabupaten Memberamo Raya, Papua dari Sentani, Papua, Rabu (12/12).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A M Kamal mengatakan cuaca yang hujan membuat landasan pacu yang yang belum sempurna menjadi licin sehingga pesawat tergelincir.

"Di sana (Kesanoweja) kondisinya hujan, landasan licin dan masih belum sempurna. Karena ada bagian yang masih lembek, sementara pesawat landing kondisinya keras tapi karena landasan pacu yang terbatas sehingga pesawat dipaksa rem dan melesat hingga ke ujung landasan." kata A M Kamal.

Pesawat tersebut membawa tujuh penumpang yakni enam dewasa dan satu orang anak. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, hanya satu orang dilaporkan terluka.

Sementara kondisi pesawat mengalami kerusakan terutama di bagian baling-baling dan sayap kanan. Kapten pilot Tohirin masih menjalani pemeriksaan di Polres Mamberamo Raya, Papua.



Sumber: BeritaSatu TV