Pertamina Siagakan 425 Pangkalan Elpiji 3 Kg di Pandeglang
Logo BeritaSatu

Pertamina Siagakan 425 Pangkalan Elpiji 3 Kg di Pandeglang

Sabtu, 29 Desember 2018 | 22:08 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta - Pertamina menyiagakan 425 pangkalan elpiji 3 kg di wilayah Kabupaten Pandeglang untuk memenuhi kebutuhan elpiji masyarakat pascatsunami. Langkah ini ditempuh untuk membantu mempercepat pemulihan di wilayah terdampak tsunami di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Demikian dikatakan Unit Manager Communication & CSR MOR III Pertamina, Dian Hapsari Firasati dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/12). Dikatakan, sebanyak 121 pangkalan yang disiagakan tersebar di 10 wilayah kecamatan di Pandeglang yang terdampak tsunami. Sedangkan, 304 pangkalan lainnya tersebar di daerah pandeglang yang tak terdampak tsunami.

Ia menjelaskan, pasokan elpiji 3 kg di Pandeglang saat ini berada dalam kondisi aman dan Pertamina siap memenuhi kebutuhan elpiji 3 kg bagi masyarakat Pandeglang setelah bencana tsunami menerjang daerah tersebut. Pada 24 Desember lalu, Pertamina sudah menyuplai sebanyak 27.000 tabung elpiji 3 kg. Jumlah tersebut sudah termasuk penambahan fakultatif untuk penanggulangan pascatsunami.

Selain itu, Pertamina juga menyediakan dua SPPBE di Kabupaten Pandeglang yang beroperasi secara penuh guna melayani kebutuhan elpiji masyarakat. Dian mengatakan, Pertamina juga telah memasok gas elpiji 3 kg ke sejumlah dapur umum yang didirikan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban tsunami tersebut.

Sementara itu, langkah cepat, tanggap dan sigap Pertamina memasok gas elpiji ke daerah terdampak tsunami di Kabupaten Pandeglang mendapat apresiasi dari anggota Komisi VI DPR, Sartono Hutomo. Ia mengatakan, langkah yang ditempuh oleh Pertamina ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi BUMN lainnya untuk bisa bergerak cepat membantu masyarakat di setiap daerah yang terkena bencana.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dekan Fisip Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Pandeglang, Banten. Ia mengapresiasi langkah cepat Pertamina memasok tambahan elpiji dan juga bahan bakar minyak (BBM) ke daerah Pandeglang yang terkena dampak tsunami.

Said yang juga Ketua Posko Unma untuk Tsunami Pandeglang, Banten berharap distribusi elpiji 3 kg dan BBM bisa disebarkan ke daerah-daerah yang cukup parah terkena dampak bencana tsunami seperti di Kecamatan Sumur, Kecamatan Cigeulis, dan Kecamatan Cibaliyung. Mengingat, kebutuhan elpiji dan BBM di daerah tersebut tergolong cukup tinggi setelah bencana tsunami.

Apalagi, banyak kendaraan yang hilir mudik ke daerah tersebut setelah bencana tsunami untuk mengevakuasi korban. Selain itu, banyak pula keluarga korban bencana tsunami yang berdatangan ke daerah ini untuk membantu mengevakuasi keluarga mereka, sehingga kebutuhan BBM di tiga kecamatan tersebut tergolong cukup tinggi.

Selain itu, dia juga berharap Pertamina bisa memasok gas elpiji 3 kg dan BBM ke pulau-pulau kecil di Selat Sunda yang terdampak bencana tsunami sebab, pulau-pulau yang terdampak bencana tsunami ini membutuhkan volume gas elpiji 3 kg dan BBM yang lebih besar dari kondisi normal.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jumlah Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Capai 431 Orang

Selain korban meninggal, 15 orang juga dilaporkan masih hilang, sementara 7.200 orang lainnya mengalami luka-luka dan 46.646 orang mengungsi di berbagai tempat.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Volume Gunung Anak Krakatau Menurun

Penurunan ini akibat laju letusan yang tinggi dalam beberapa hari.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Korban Meninggal Tsunami di Pandeglang Capai 313 Orang

Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Basarnas dan relawan bekerja keras untuk melakukan evakuasi dan pencarian warga yang hilang.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Natal Nasional di Medan, Kedatangan Presiden Disambut Antusias

"Kedatangan Presiden Jokowi semoga semakin membawa kedamaian bagi bangsa ini."

NASIONAL | 29 Desember 2018

Pengungsi Korban Tsunami di Rajabasa Butuh Lampu Darurat

Bantuan yang datang berupa pakaian, makanan, perlengkapan anak, dan logistik lainnya.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Gempa 5,2 SR di Nias Buat Panik Warga

Gempa bumi yang mengguncang Kepulauan Nias termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Hanya 3 Hari, Perbaikan Lereng Tol Salatiga-Kartasura Telah Selesai

Perbaikan dituntaskan hanya dalam waktu tiga hari.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Menteri BUMN Dorong Pembangunan Huntara di Pandeglang

Pembangunan huntara membutuhkan lahan yang luas di wilayah terdampak bencana.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Ma'ruf Amin Lepas Lagi Bantuan untuk Pengungsi Tsunami Selat Sunda

Bantuan diserahkan usai Kiai Ma'ruf salat ghoib dan istigosah untuk korban tsunami Selat Sunda, di Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama.

NASIONAL | 29 Desember 2018

Kapal TB Sri Maju 933 Tenggelam, Seluruh Kru Selamat

Seluruh kru yang berjumlah 10 orang berhasil diselamatkan oleh TB Biliton 288.

NASIONAL | 29 Desember 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS