Bawaslu Optimistis Pemilu 2019 Lancar dan Berkualitas

Bawaslu Optimistis Pemilu 2019 Lancar dan Berkualitas
Sebanyak 52 ribu personel gabungan dari TNI dan Polri akan mengamankan Natal 2018, Tahun Baru 2019, serta Pileg dan Pilpres 2019. 43 ribu personel dari TNI dan 9 ribu personel dari Polri.
Yustinus Paat / WM Rabu, 2 Januari 2019 | 12:55 WIB

 

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) optimis pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 berjalan lancar dan berkualitas. Bawaslu mengaku sudah melakukan berbagai persiapan secara maksimal untuk kesuksesan Pemilu 2019.

"Dari fungsi pengawasan yang kita lakukan, kita optimistis penyelenggaraan Pemilu 2019 bisa berjalan lancar dan berkualitas," ujar Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, di Jakarta, Rabu (2/1).

Bawaslu, kata Afifuddin, telah melakukan berbagai pembekalan dan pelatihan terhadap personelnya. Termasuk, kata dia, melakukan rekrutmen terhadap anggota Bawaslu Kabupaten/Kota.

"Yang menjadi PR kita adalah melakukan rekrutmen pengawas TPS dan melatih saksi parpol," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Bawaslu juga telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu. Dia mencontohkan, Bawaslu bekerja sama dengan Cyber Crime Bareskrim Polri dan PPATK untuk mencegah hoax, politik identitas, dan politik uang.

"Yang jelas, kami tidak bisa berjalan sendirian, maka kita selalu bekerja sama dan berkoordinasi dengan lembaga lain untuk mencegah terjadinya berbagai pelangggaran Pemilu," katanya.

Menurut Afifuddin, kesuksesan Pemilu 2019 tidak hanya tergantung pada penyelenggara pemilu. Menurut dia, peserta pemilu dan pemilih juga mempunyai peran besar membuat Pemilu berjalan lancar dan aman.

"Kami berharap peserta pemilu dan pemilih bisa menaati aturan-aturan yang telah dibuat serta selalu koordinasi dengan penyelenggara jika ada ha-hal atau aturan yang membingunkan atau tidak jelas," tegas dia



Sumber: BeritaSatu.com